Gus Syauqi, Putra Wapres Ma’ruf Amin Silaturahmi ke LAMR

KBRN, Pekanbaru : Putra Wakil Presiden (Wapres) RI K. H. Ma'ruf Amin, Ahmad Syauqi atau biasa disapa Gus Syauqi Ma'ruf Amin, melakukan kunjungan silaturahmi ke Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Senin (23/11/2020) malam.

Kunjungan Gus Syauqi beserta rombongan ke LAMR diterima oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar di Balairung Tenas Effendy Balai Adat Melayu Riau.

Datuk Seri Syahril didampingi sejumlah pengurus antara lain Sekretaris Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Datuk H. Taufik Ikram Jamil, Bendahara DPH LAMR Datuk Anton Suryaatmaja, dan Ketua DPH LAMR Bidang Agama dan Nilai-Nilai Adat Datuk TGH. Syafruddin Saleh Sei. Gergaji.

Turut hadir H. Hendri Munief, Ketua Perhimpunan Perniagaan Tanah Melayu (P2TM), organisasi yang menjadi wadah peniaga Melayu Riau yang baru dideklarasikan pada acara penutupan Musyawarah Kerja (Musker) LAMR Tahun 2020, Sabtu (21/11/2020) dan Panglima Penggawa LAMR Datuk H. Daslir Maskar.

Kunjungan putra keempat Wapres K. H. Ma'ruf Amin ini selain bersilaturahmi juga dimaksudkan untuk berbincang mengenai  Melayu dan ekonomi syariah.Gus Syauqi pada pertemuan tersebut mengungkapkan kekagumannya dengan potensi yang dimiliki Riau.

Menurut Gus Syauqi, Provinsi Riau memiliki potensi luar biasa dalam berbagai bidang,csalah satunya potensi wisata halal.Menurut Gus Syauqi, untuk mengoptimalkan potensi tersebut, LAMR bisa menjadi dirijennya.

“Sebab, LAMR punya kedekatan dengan basis masyarakat dan komunitas,” ujar Gus Syauqi di sela-sela acara silaturahmi di Balai Ada Melayu Riau, Senin (23/11/2020).

Gus Syauqi juga mengatakan pemberdayaan potensi wisata halal di Riau ini sekaligus untuk menggairahkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).Menurut putra orang nomor dua di Indonesia ini, UMKM merupakan kekuatan mikro yang dapat menjadi kekuatan makro.

“Dengan begitu, UMKM di Riau akan mendapat kesempatan memperluas pasar,” tuturnya.

Gus Syauqi juga mengaku tengah berusaha turut membantu pemerintah dalam menggairahkan UMKM melalui beberapa lembaga, salah satunya Koperasi Mitra Santri Nasional (KMNS).

“Ya, salah satunya KMSN (Koperasi Mitra Santri Nasional) dengan program macrobranding produk. Ada tiga kunci yang dimiliki KMSN, yakni community, inovasi, best quality,” jelasnya.

Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar mengapresiasi dan mengaku senang dikunjungi putra Wapres itu. Datuk Seri Syahril juga menyampaikan salam hormat kepada Wapres di acara tersebut.

Menurut Datuk Seri Syahril, pihaknya siap bergandeng tangan dalam program semacam KMNS tersebut. Hal ini sejalan dengan tujuan LAMR yang juga membantu pemerintah untuk mensejahterakan pendukung kebudayaan Melayu itu sendiri.

Ikut berbicara di depan forum, Sekum MKA Taufik Ikram Jamil yang mengatakan, seyogianya LAMR berterima kasih kepada Syauqi Ma’ruf Amin. Bukan hanya karena telah bersilaturahim, tetapi juga telah berusaha menanamkan kesebatian dengan Riau. Misalnya, salah satu lagu dari enam lagi dalam album mini lagu relijius Gus Syauqi bertajuk “Mengingat-Mu” yang diluncurkan tahun lalu, berirama Melayu.

Sedangkan selebihnya berirama dari berbagai genre musik Barat seperti pop dan rock.Selain itu, dititipkan rasa terima kasih kepada Wapres Ma’aruf Amin karena telah memakai baju Melayu dalam upacara hari kemerdekaan RI tahun 2020. Tak selalu Riau mendapat kesempatan seperti, apalagi dari seorang Wapres. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00