Cegah Covid 19, Stafsus Menkes Suvervisi di Poltekkes Riau

KBRN, Pekanbaru : Dalam rangka pencegahan Covid 19 di Provinsi Riau, Staf Khusus (Stafsus) Menteri Kesehatan RI Bidang Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan, Dr Mariya Mubarika, melakukan pertemuan dengan jajaran Poltekkes Kemenkes Riau dan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, sekaligus supervisi pencegahan Covid 19.

Usai melakukan pertemuan dengan Direktur Poltekkes Kemenkes Riau, Husnan SKp, MKM dan jajaran serta perwakilan Dinas Ksehatan Provinsi Riau, Mariya Mubarika mengatakan pencegahan covid 19 harus dimulai dari keluarga terkhusus ibu rumah tangga.

"Untuk melaksanakan program tersebut, Poltekkes Kemenkes Riau memiliki infrastuktur memberikan edukasi atau pembelajaran melalui dalam jaringan tentunya dengan bantuan dari pemerintah Provinsi Riau yang akan melakukan pelatihan juga dengan melibatkan dinas kesehatan dan tim penggerak PKK serta pihak lainnya, tujuannya memberi ibu rumah tangga edukasi cara pencegahan covid 19, untuk mencegah terjadi penularan, terutama kalau ada suspect," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini program itu sudah banyak dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia, dengan leading sektornya dalah Poltekkes Kemenkes.

"Kemenkes memiliki 38 Kemenkes Poltekkes, jadi semuanya digerakkan untuk membantu memberikan informasi kepada masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga dalam rangka mencegah Covid 19," urainya.

Sementara itu, Husnan menyambut baik penugasan tersebut karena selaku institusi kesehatan yang juga satuan kerja kementerian kesehatan, pihaknya memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pencegahan virus covid 19.

"Kita tentu mendukung, apalagi selama ini sudah banyak kegiatan yang dilakukan dalam mencegah covid 19, seperti membagikan masker dan memberikan edukasi kepada masyarakat cara mencegah penularan covid 19," kata Husnan.

Diakui, pihaknya akan terus memberikan kontribusi nyata dalam rangka mencegah penularan Covid 19 dan bila perlu memberikan pelatihan kepada masyarakat cara mencegah penularan Covid 19, terutama dalam menerapkan 4 M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00