Poltekkes Kemenkes Riau Bagi-bagi Masker SNI Gratis

KBRN, Pekanbaru : Poltekkes Kemenkes Riau, melakukan kegiatan bagi-bagi masker Standar Nasional Indonesia (SNI) gratis, Selasa (29/9/2020), di pusatkan di Pasar Panam, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru. Pembagian masker dipimpin langsung oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Riau, Husnan, SKp, MKM. Pembagian masker itu mendapat antusias dari pedagang maupun pembeli. Pembagian masker dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19.

"Poltekkes Kemenkes Riau bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan Kota Pekanbaru dan Ibu-ibu PKK, mengedukasi masyarakat dan membagikan masker kepada masyarakat. Hari ini merupakan tahap kedua, setelah bulan Agustus 2020 lalu dibagikan pada tahap pertama," kata Husnan, di sela-sela kegiatan pembagian masker.                     Kegiatan yang diikuti oleh seluruh keluarga besar Poltekkes Kemenkes Riau diawali dengan pengarahan dari Direktur, Husnan.

Menurut Husnan, bahwa kegaitan ini tidak hanya untuk menjalankan program Kementerian Kesehatan, tetapi lebih dari pada itu sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Poltekkes Kemenkes Riau akan kesehatan masyarakat Provinsi Riau secara umum, dan Kota Pekanbaru pada khususnya.

Rombongan langsung masuk ke Pasar Panam Pekanbaru sambil menyerukan slogan “Pakai masker, jangan kasih kendor!”. Sekaligus membagi-bagi masker ke semua orang yang ditemui, khususnya pedagangan dan pembeli. Husnan mengungkapkan alasan pelaksanaan kegiatan itu. Selain itu, pihaknya mengedukasi masyarakat tentang pemakaian masker yang baik dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19.

"Melalui edukasi yang kami berikan, diharapkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan Covid 19. Kami sangat peduli dengan masalah ini, sehingga dengan pembagian masker ini. Tujuannya agar warga menggunakan masker dengan baik dan benar," urainya.

Dikatakan, masker yang baik adalah masker yang tiga lapis, yaitu masker SNI. Selain itu, cara mencegah penularan Covid 19 adalah mencuci tangan dengan bersih dengan sabun dan air yang mengalir.

"Juga menjaga jarak, sebaiknya dua meter atau paling tidak minimal satu menter. Seterusnya menghindari kerumunan. Disamping itu juga menghindari memegang mulut, hidung atau mata. Jadi dengan protokol kesehatan semuanya dapat bekerja sehingga aman dari Covid 19. Apalagi Kota Pekanbaru sudah zona merah," ungkapnya.

"Khusus hari ini dibagikan sebanyak 23 ribu. Tetapi sudah dibagikan di sejumlah daerah di Riau yaitu di Rengat, Siak, dan Kampar," tambahnya.

Pembagian masker juga diikuti Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Wakil Direktur III selaku Ketua Satgas Covid-19 Poktekkes Kemenkes Riau dan mahasiswa. Saat pembagian, mendapat antusias dari pedagangan dan masyarakat yang tengah berbelanja di pasar Panam Pekanbaru. Bahkan pedagangan maupun masyarakat tidak segan-segan untuk meminta masker yang dibagikan. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00