Kampung KB Berkah Bersama Wujudkan Kampung Keluarga Berkualitas

KBRN, Pekanbaru : Inspektur Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Ari Dwikora Tono, Ak.CA.M.Ec.Dev.CFrA.QIA, dalam kunjungan kerja ke Kota Pekanbaru, menyempatkan mengunjungi Kampung KB Berkah Bersama di Jalan Sei Mintan, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Rabu (23/9/2020). Saat kunjungan, Inspektur Utama melihat dan mendapatkan informasi langsung bahwa Kampung KB Berkah Besama sudah mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas.

Kunjungan didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia dan jajaran serta perwakilan Pemerintah Kota Pekanbaru dan Pengelola sekaligus pembina Kampung KB Berkah Bersama, Sri Rezeki S.I.Kom dan penyuluh KB di Kampung KB Berkah Bersama.

Usai kunjungan, Ari Dwikora Tono mengaku bangga karena pembinaan dari pemerintahan terutama pemerintahan kecamatan sangat baik, dan adanya komitmen dan kepedulian dari pemerintah daerah.

"Memang harus ada komitmen dan kepedulian. Para pengurus semangat, pembina semangat dan masyarakat juga semangat. Jadi di Kampung KB Berkah Bersama ini sudah terjadi koordinasi dan sinergitas yang baik," ungkapnya.

Diakui, bahwa di Kampung KB tersebut juga sudah banyak kegiatan berupa ketananan pangan, pelatihan yang digerakkan oleh semua kelompok sehingga kegiatannya sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat sekitar Kampung KB.

"Jadi memang sangat baik berjalan seperti yang diharapkan. Walaupun masih banyak hal yang perlu kita dorong. Tidak hanya sekedar dibentuk. Kita tidak boleh puas dengan yang sudah, harus ada upaya terus agar lebih maju terus dan maju lagi," sarannya.

Sementara itu, Mardalena Wati Yulia mengatakan BKKBN tampil dengan nuansa baru di tahun 2020 dengan memperkenalkan program Kampung Keluarga Berkualitas agar masyarakat tidak berpendapat bahwa program Kampung KB mengajak masyarakat ikut KB alias ikut menggunakan alat-alat kontrasepsi yang berkonotasi pada pembatasan jumlah anak, melainkan membangun kampung dari seluruh sektor baik ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

"Kami dari BKKBN, akan terus melakukan monitoring evaluasi dan pendampingan terhadap semua Kampung KB yang sudah dibentuk dan terus membangun komunikasi dengan Pemda dan OPD setempat untuk mencanangkan di Kampung KB baru ke depan yaitu Kampung KB Keluarga Berkualitas," ujarnya.

Disisi lain, Sri Rezeki mengatakan bahwa Kampung KB adalah bagian dari program KKBPK 2015-2019 menindaklanjuti salah satu Nawacita Presiden yakni membangun Indonesia dari pinggiran. Sejak 2015, program ini menjadi salah satu ikon BKKBN.

"Tujuan pembentukan Kampung KB ialah meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Jadi disini semua fungsi keluarga itu sudah berjalan dengan baik, bahkan tidak lagi dipusatkan di sekretariat ini, tetapi sudah menyebar di tengah-tengah masyarakat," katanya. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00