Sekdaprov Riau Tinjau Sejumlah Ruas Tol Pekanbaru - Bangkinang, Pasca Penetapan Penlok

Sekda Yan Prana Jaya Tinjau Ruas Tol Pku - Bangkinang

KBRN, Pekanbaru : Pemerintah Provinsi Riau terus menggesa percepatan pembangunan Tol Trans Sumatera di wilayah Provinsi Riau. Kali ini, progres pembanginan ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan menjadi perhatian serius Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya selaku Ketua Tim Percepatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Provinsi Riau.

Untuk melihat progres fisik pembangunan ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan ini, Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya melakukan peninjauan di beberapa titik yang sudah mulai pengerjaannya yaitu pada STA.08 Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang yang berlokasi di Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. 

Saat peninjauan Sekdaprov Yan Prana Jaya didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Riau Eva Refita, Kadis PUPRPKPP Provinsi Riau M.Taufiq OH, Kepala Biro Pembangunan Aryadi, Kepala Biro Hukum Elly Wardani serta beberapa pejabat eselon 3 dan 4 di Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau.

Dalam kesempatan itu, pihak PT.Hutama Karya Muhammad Razy menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Riau atas proses Penetapan Lokasi ruas Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer dapat dituntaskan dalam waktu tercepat diantara ruas-ruas tol Trans Sumatera lainnya.

"Kami berterimakasih kepada Pemprov Riau yang cepat dalam penetapan Penlok ruas tol Pekanbaru - Bangkinang, "katanya, Kamis (10/9/20).

Usai meninjau ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang, Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya beserta rombongan lanjut ke STA-0 Tol Ruas Bangkinang-Pangkalan Tahap-1 yang berlokasi Kelurahan Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. Ruas Tol Bangkinang-Pangkalan inipun telah mendapatkan Penetapan Lokasi oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Kedatangan Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya bersama rombongan disambut oleh Tim dari PT. WIKA yang mendapat tugas mengerjakan pembangunan fisik untuk Ruas Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap-1 sepanjang 24,7 kilometer. Dalam kesempatan itu, Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya melihat untuk titik nol Ruas Bangkinang-Pangkalan Tahap-1 ini belum ada progres pembangunan fisik dilapangan padahal Pemerintah Provinsi Riau telah menerbitkan Penetapan Lokasinya.

Yan Prana Jaya kemudian bergeser ke titik STA-40 Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang yang memang tidak beberapa jauh dari STA-0 Ruas Bangkinang-Pangkalan Tahap-1 yang sedang dilakukan penggalian tanah pada ruas tersebut. 

Disela-sela peninjauan tersebut terdengar arahan Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Riau mengharapkan Penetapan Lokasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau agar bisa segera ditindaklanjuti dengan tahapan selanjutnya, yaitu tahap Pelaksanaan. 

"Saya harap setelah Penlok ditetapkan, maka dapat segera ditindaklanjuti dengan tahapan pelaksanaan pembangunan, "harapnya.

Sejalan dengan itu, pihak PT.WIKA yang mendapatkan penugasan melaksanakan pembangunan di Ruas Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap-1 ini juga mengharapkan dengan telah diterbitkannya Penetapan Lokasi di ruas tersebut, tahapan Pelaksanaan dapat segera dimulai dan pihaknya dapat segera bekerja. 

Pihak PT.WIKA menyampaikan pasca diterbitkannya Penetapan Lokasi oleh Pemerintah Provinsi Riau, banyak masyarakat yang tanahnya terkena ruas tol menanyakan terkait kapan proses ganti kerugian akan dimulai. Namun disisi lain, pihaknya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat yang mengijinkan tanahnya dikerjakan sambil menunggu proses ganti kerugian dilaksanakan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00