Ujicoba Dinamis UKBI Hari Ketiga Diikuti Peneliti dan Jurnalis

KBRN, Pekanbaru : Balai Bahasa Provinsi Riau menggelar Uji Coba Dinamis UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) di Balai Bahasa Riau selama empat hari. Hari ketiga, Kamis (3/9/2020) pesertanya terdiri dari peneliti dan jurnalis.

Yeni Maulina selaku panitia ujicoba dinamis UKBI Balai Bahasa Provinsi Riau menjelaskan UKBI merupakan alat uji untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia para penutur bahasa Indonesia.

"Alat ukur yang terstandar dan valid yakni dikembangkannya UKBI. Melalui UKBI kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia dapat diukur dengan standar yang valid," jelasnya.

Diuraikan, sebanyak 100 orang peserta dari 10 kategori mengikuti uji coba dinamis ini mulai 1 hingga 4 September 2020. Sebelum uji coba di ruangan UKBI dimulai, seluruh peserta mengikuti telekonferensi melalui aplikasi Zoom pada 31 Agustus 2020.

Mengingat hanya sebatas uji coba, maka UKBI kali ini hanya terdiri atas tiga seksi dan menggunakan soal nonstandar. Normalnya, UKBI terdiri atas 5 seksi: 2 seksi keterampilan reseptif (membaca, mendengar), 1 seksi merespons kaidah, dan 2 seksi keterampilan produktif (berbicara dan menulis).

Seksi pertama adalah mendengarkan. Ada 40 soal yang diuji. Tiap rekaman, baik monolog ataupun dialog, mencakup 5 soal. 

Seksi kedua adalah merespons kaidah terdiri atas 25 soal dengan waktu pengerjaan 20 menit, dan seksi terakhir adalah membaca. Ada 40 soal untuk masa pengerjaan selama 45 menit.

"Penyelenggaraan Uji Coba Dinamis UKBI ini terselenggara di Balai Bahasa seluruh Indonesia. Di Riau bersamaan dengan di beberapa daerah lainnya," ungkapnya.

Uji coba ini terlaksana untuk pengembangan soal dan aplikasi pengujian UKBI. Oleh karena itu, Badan Bahasa mengundang beragam kalangan untuk ikut. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00