DPRD Riau Kecewa, Penyaluran Bansos Covid19 Pemprov Riau Belum Tuntas

KBRN, Pekanbaru: Tujuh dari 12 Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau hingga kini belum menyalurkan dana bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak COVID-19 yang dialokasikan oleh Pemprov Riau karena kendala teknis.

Pemerintah daerah di tujuh Kabupaten tersebut, mengalami kendala teknis, sehingga terlambat menyalurkan bansos untuk masyarakat terdampak COVID-19.

Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto angkat bicara terkait masih adanya Kabupaten/Kota di Riau yang belum mendistribusikan Bansos dari Provinsi Riau.

Pada bulan kelima pandemi Covid-19 di Riau, masih ada 7 kabupaten ada yang belum menyalurkan BLT itu kepada masyarakat. Padahal Pemprov Riau sudah menyerahkan BLT tersebut dalam bentuk tunai kepada kabupaten/kota pada bulan April lalu.

Politisi Gerindra ini menambahkan, bahwa sampai saat ini, pergeseran anggaran sudah sampai tahap ke empat. Seingatnya, ada sekitar Rp 191 miliar yang diperuntukkan untuk Bansos covid19.

"Harusnya memang sudah di kirim, kita meyakini sudah dikirim. Karena  sudah di launching pendistribusiannya ke Kabupaten/Kota," paparnya.

Hardianto lebih jauh menjelaskan saat ini dana tersebut sudah sampai di kabupaten kita, entah skemanya didistribusikan melalui kantor pos, Bank Daerah, atau Kelurahan, RT/RW sekalipun, yang penting sampai ke masyarakat.

"Masalahnya ada dua saja. Belum ditransfer Pemprov ke Kabupaten, atau Kabupaten kotanya yang tak mendistribusikan. Kita yakin sudah di transfer Pemprov, karena sebelum lebaran sudah di launcing pendistribusian itu ke kabupaten," sebut Hardianto.

Pemprov lanjutnya disarankan untuk membuat  metodolilogi khusus pengawasan dan registrasi pendistribusian dana bansos.(ls).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00