DPRD Riau Dukung Penuh Perda Sanksi Protokol Kesehatan Covid19

KBRN, Pekanbaru: Akibat Pandemi Covid19  sudah berdampak pada  masyarakat Riau dalam berbagai sektor kehidupan. 

 Selain merubah gaya hidup lama ke gaya hidup normal baru, perekonomian masyarakat mulai tergerus. Pengangguran meningkat karena dunia usaha banyak merumahkan karyawan, bahkan PHK.

Di Riau, kondisi ini juga mulai dirasakan masyarakat. Sektor riil banyak yang terdampak, pekerja informal juga terancam tak lagi bisa beraktifitas. Terkait hal itu Ketua DPRD Riau Indra Gunawan mengaku prihatin. Ia berharap pandemi covid-19 tidak sampai menghentikan aktifitas ekonomi masyarakat, karena akan memperparah keadaan. 

"Saya berharap aktifitas ekonomi masyarakat tidak terganggu , apa acara yang melibatkan masyarakat tetap berjalan dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan. Ini untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif," sebut  Indra  Gunawan Eet ,Jumat , (07/08/2020).

 

Apalagi Riau sebentar lagi akan menggelar pilkada serentak Desember nanti, dimana situasi yang aman dan kondusif adalah kunci sukses pergantian 9 kepala daerah yang damai dan tanpa gesekan. 

 

Dengan begitu seluruh calon kepala daerah bisa tetap bersilaturahmi dan bersosialisasi dengan masyarakat ditengah pandemi ini, dengan tetap memenuhi standar kesehatan covid. 

"Tetapi ini memerlukan kesatuan sikap dari berbagai pihak, mulai dari gubernur, bupati/walikota, legislatif, aparat keamanan dan masyarakat," ujar Eet.

Untuk itu , kata politisi Golkar Riau itu, Gubri harus membuat Perda yang mengatur kegiatan masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan .

Terkait hal itu  DPRD Riau lanjutnya mendukung penuh dan akan  mengusulkan perda terkait aturan dan sanksi protokol kesehatan Covid19, juga pilkada serentak dan aturan mainnya, yang disesuaikan dengan situasi pandemi Covid 19 ini.

 

"Perda ini nantinya akan menjadi payung hukum bagi pelaksanaan pilkada di Riau yang dikaitkan dengan aturan-aturan protokol kesehatan covid. Jadi setiap calon kepala daerah bisa tetap menjalani tahapan pilkada serentak dengan standar protokol kesehatan, dan aktifitas ekonomi pun bisa tetap bergerak," ujar Indra Gunawan Eet.

" Kita akan rapat lagi dengan pimpinan DPRD Riau seperti apa draf isi Perda tersebut, yang penting kegiatan masyarakat tetap dilanjutkan termasuk Pilkada namun harus mengikuti protokol kesehatan,"tutupnya.(ls)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00