Perjuangkan Pembangunan Riau, Gubernur Syamsur Curhat ke Komisi V DPR RI

Gubri Syamsuar

KBRN, Pekanbaru : Untuk memperjuangkan pembangunan di Provinsi Riau, Gubernur Riau Syamsuar bersama staf terus melakukan berbagai cara, salah satunya dengan mendatangi Komisi V DPR RI.

 

Dihadapan anggota Komisi V DPR RI, mantan Bupati Siak dua periode ini menyampaikan beberapa persoalan yang dihadapi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam pelaksanaan pembangunan daerah, terutama pembangunan infrastruktur, seperti jalan dan jembatan.

 

Dikatakan, saat ini infrastruktur di Riau masih sangat belum memadai, bahkan Provinsi Riau yang notabene sebagai salah satu daerah penyumbang APBN terbesar di Indonesia hanya berada di posisi 19 untuk indeks daya saing infrastruktur nasional.

 

"Saat ini infrastruktur di Provinsi Riau masih belum memadai, peningkatan pembiayaan APBN tahun 2021 dalam pembangunan dan perbaikan infrastruktur sangat kami harapkan mendapat dukungan dari Komisi V, katanya, Jum’at (10/7/20).

 

Dijelaskan, buruknya infrastruktur di Provinsi Riau saat ini sangat berdampak besar terhadap pembangunan ekonomi masyarakat, sehingga sangat diharapkan Komisi V DPR dapat memberikan dukungan terhadap perbaikan dan pembangunan infrastruktur di Provinsi Riau, Antara lain terdiri dari insfratruktur jalan Tanjung Padang-Teluk Belitung di Kabupaten Meranti, jalan Sei Akar-Kuala Enok di Kabupaten Inhil serta jalan Parit Hitam-Simpang Batang di Kota Dumai.

 

"Khusus untuk insfratruktur jalan terlebih di Meranti, Inhu dan Kota Dumai ini sangat penting dilakukan perbaikan dan pembangunan karena akan berdampak langsung kepada pembangunan ekonomi masyarakat. Terlebih untuk insfratruktur jalan di Lubuk Gaung Kota Dumai di sana ada kawasan industri Lubuk Gaung yang menggunakan jalan masyarakat dan mengakibatkan konflik antara perusahaan dengan masyarakat," jelasnya.

 

Tidak hanya infrastruktur jalan, Gubernur juga menyampaikan permohon dukungan perbaikan dan pembangunan infrastruktur rehab dermaga dan pembangunan Bandara Pinang Kampai.

Sementara anggota komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Fraksi Gerindra Sudewo, mengapresiasi perjuangan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar untuk membangun Riau.

 

Disampaikan, tidak banyak Gubernur di Indonesia yang mau bertandang ke DPR RI untuk memperjuangkan daerahnya.

 

"Saya sangat Apresiasi kehadiran Gubernur Riau ke komisi V DPR RI, tidak banyak memang gubernur yang mau bertandang kesini," katanya.

 

Sudewo menjelaskan, Komisi V DPR RI memang memiliki keterbatasan dalam membantu daerah. Keterbatasan pertama terkait kewenangan yang masih memiliki keterbatasan dan masalah anggaran, yang harus dibagi merata dengan seluruh daerah di Indonesia.

 

"Kewenangan kami hanya membantu jalan nasional, sesuai UU yang berlaku dan untuk anggaran harus dibagi rata dengan seluruh daerah se-Indonesia," katanya.

 

Namun sebutnya, dengan usaha Gubernur yang begitu bagus, tentu Komisi V DPR RI akan memberikan perhatian khusus ke Riau, mana kala satu peluang dan ada hal yg bisa dilakukan untuk mensupport Riau.

 

"Karena tidak banyak kepala daerah yang mau begitu, jadi kami akan coba membantu dan memberikan perhatian khusus untuk Riau, “tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00