1 Warga Kampar Positif Covid-19 Menambah Jumlah Kasus Terkonfirmasi di Riau

KBRN, Pekanbaru : Satu warga Kabupaten Kampar positif Covid-19 menambah jumlah kasus terkonfirmasi di Provinsi Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani  Nazir melalui press release menyampaikan dengan ada penambahan 1 kasus positif, maka jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau sebanyak 11 orang ( 10 dalam perawatan dan 1 sudah dipulangkan).

"Dengan adanya tambahan 1 positif, maka total kasus positif di Riau sebanyak 11 pasien positif, "katanya, Minggu (5/4/20).

Dijelaskan pasien positif dari Kabupaten Kampar berinisial HN (38) memilki riwayat perjalanan daerah terjangkit, yakni Jakarta.

"Pasien HN (38) pernah melakukan perjalanan ke Jakarta pada 14 Maret 2020, "jelasnya.

Diungkapkan Dinas kesehatan Provinsi Riau langsung melakukan tracing kontak, dimana dalam melakukan tracing kontak, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dan Polda Riau.

"Kita langsung lakukan tracing kontak yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dan Polda Riau, "ujarnya.

Sementara mengenai adanya kabar yang beredar di masyarakat tentang meninggalnya satu orang pasien positif Covid-19 di Pekanbaru, disampaikan bahwa berita itu tidak benar, sebab yang meninggal bukan pasien positif, tetapi pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang masih menunggu hasil uji swab dari Balitbangkes.

"Soal informasi yang beredar di masyarakat mengenai adanya pasien positif Covid-19 di Pekanbaru meninggal, itu tidak benar, yang sebenarnya itu PDP yang masih menunggu hasil uji swab dari Balitbangkes, "tuturnya.

Diminta kepada masyarakat untuk mengikuti protokol penanganan Covid-19 demi kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Dan siapapun yang berada dalam satu ruangan dengan jenazah PDP Covid-19 otomatis berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan diharuskan melakukan isolasi mandiri dengan memperhatikan kondisi kesehatannya, apabila terdapat gejala, diharuskan untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan. 

Hingga hari ini jumlah ODP Covid-19 di Riau sebanyak 19.604 (3.779 selesai pemantauan), kasus PDP sejumlah 147 (77 masih dirawat, 66 negatif covid-19 dan dipulangkan, dan 4 meninggal dunia) dan kasus terkonfirmasi 11 kasus (10 dalam perawatan dan 1 sudah dipulangkan).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00