Perketat Pemeriksaan Kesehatan WNI Dari Malaysia di Pelabuhan Dumai

KBRN, Pekanbaru : Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Malaysia  akan dipulangkan ke tanah air, dan Riau sebagai salah satu daerah terdekat dari Malaysia menjadi daerah pemulangan WNI tersebut.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan pemulangan WNI dari Malaysia akan melewati Pelabuhan Dumai.

"Nanti itu mereka akan pulang melalui jalur laut dan kita siap bantu transportasinya sampai ke Pelabuhan Dumai. Dimana pemulangan WNI berdasarkan hasil kesepakatan semua instansi terkait dan sesuai arahan dari Menteri Dalam Negeri sebelumnya, "katanya usia rapat koordinasi pemulangan TKI dari Malaysia melalui Pelabuhan Dumai di Gedung Daerah Provinsi Riau, Rabu (25/3/20).

Dijelaskannya seperti diketahui bahwa Malaysia merupakan salah satu negara pendemi virus Corona (Covid-19) di dunia, sehingga nantinya WNI yang tiba di Pelabuhan Dumai akan dilakukan pemeriksaan kesehatan yang cukup ketat.

"Kita tau sekarang Malaysia menjadi salah satu negara pendemi Covid-19 dengan jumlah warga yang terinfeksi sebanyak 1.600 orang, sehingga saudara-saudara kita yang dari Malaysia akan kita periksa kesehatannya di Pelabuhan Dumai dengan sebaik-baiknya, "jelasnya.

Untuk pemeriksaan kesehatan WNI tersebut, mantan Bupati Siak dua periode ini menuturkan akan dilakukan oleh KKP dan Dinas Kesehatan, dimana nantinya WNI yang suhu badannya diatas 38 derajat celsius akan langsung dikarantina, sementara orang dalam pemantauan (ODP) yang suhu badannya dibawah 38 derajat celsius atau normal diperbolehkan pulang ke daerahnya masing-masing.

"WNI yang pulang itu menjadi ODP dan nantinya KKP dan Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan terhadap mereka, jika ada yang suhu badannya diatas 38 derajat celsius maka langsung dikarantina, sedangkan ODP yang bersuhu normal bisa langsung pulang ke daerahnya, "tuturnya.

Ditambahkan, nantinya WNI yang dinyatakan sehat akan diberikan kartu kewaspadaan kesehatan atau health alert card (HAC) sebagai bukti bahwa mereka sudah dicek kesehatannya di Pelabuhan.

"Nanti mereka akan dikasih HAC sebagai bukti kalau mereka sudah diperiksa kesehatannya di pelabuhan dan dinyatakan sehat, "tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00