Bawaslu Masuk Desa, Program Unggulan Bidang Pengawasan Pilkada 2020

KBRN, Pekanbaru : Program Bawaslu masuk desa yang dicanangkan oleh Bawaslu Provinsi Riau merupakan program unggulan dalam pengawasan Pilkada serentak 2020. Saat ini terus didengungkan dan sosialisasinya semakin digencarkan.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau, Rusidi Rusdan, Senin (2/12/2019) di Pekanbaru.

Dia mengatakan pihaknya dalam menghadapi Pilkada serentak 2020 membuat program bawaslu masuk desa.

"Bawaslu masuk desa guna memberi pemahaman dan melakukan sosialisasi yang ditujukan pada para Kades, Kaur, BPD, Bumdes, Kadus, RT dan RT," ungkapnya.

Jajaran Bawaslu terus melakukan sosialisasi, karena Bawaslu masuk desa tujuan utamanya adalah mencegah terjadinya kecurangan pemilu serta meningkatkan pemahamam masyarakat desa akan Pemilu.

"Nantinya para pemangku kepentingan di desa bisa menjadi tempat bertanya masyarakat seputar Pemilu yang diadakan di 9 daerah di Provinsi Riau," katanya.

Menurut Rusidi Rusdan melalui Bawaslu masuk desa, maka masyarakat atau pemilih bisa bertanya, siapa calon yang akan dipilih atau cara memilih, sehingga pihak yang terlibat dalam Bawaslu masuk desa merupakan pengawas, sekaligus tugasnya adalah mengawasi Pilkada sehingga harus netral dan tidak berpihak pada Pilkada serentak 2020. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00