Gubri Syamsuar Tanam 10 Ribu Batang Pohon Aren dan Tebarkan Benih Ikan Arwana di Rohul

KBRN, Pekanbaru - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan seremonial penanaman pohon aren dan penebaran benih ikan arwana di kawasan rawa seribu Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Senin (04/07/2022).

Pada tahap pertama ini dilakukan penanaman bibit aren sebanyak 10.000 batang, dari rencana secara keseluruhan nya 20.000 batang pohon aren.

Kemudian, masih dalam kawasan rawa Seribu Kecamatan Tambusai Utara Rohul tersebut, juga sekaligus dilakukan penebaran indukan ikan arwana jantan dan betina.

Gubri Syamsuar menyampaikan, Pemprov Riau sangat menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh  Gabungan Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan (Gapoktan HKm) Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu, bekerja sama dengan pemerintah, stakeholder dan pihak terkait lainnya.

Ia mengungkapkan, Pemprov Riau tetap berkomitmen untuk mendukung pengembang program perhutanan sosial yang merupakan salah satu program prioritas nasional diinstruksikan Presiden Jokowi.

"Perhutanan sosial diharapkan menjadi bagian dari strategi menyelesaikan permasalahan yang dihadapi Provinsi Riau dalam upaya mewujudkan pengelolaan kawasan hutan secara lestari di Provinsi Riau dan membangkitkan ekonomi hijau," ujarnya, seperti dikutip dari Mediacenter.riau.go.id

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran orang nomor satu di Riau ini dalam kegiatan itu. Ia mengharapkan ikan arwana yang merupakan ikon Tambusai Utara dan diharapkan pula jadi ikon Riau.

"Terima kasih atas kesediaan bapak hadir dalam kegiatan ini," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Gapoktan HKm Tambusai Utara Sariman Siregar juga menyampaikan hal yang sama. Menurutnya, suatu kehormatan bagi kelompok tani hutan itu kegiatan yang diselenggarakannya dihadiri Gubri.

Terangnya, perencanaan kegiatan ini telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, dan terselenggara acara hari ini atas kerja sama dan dukungan banyak pihak, terutama dari Pemkab dan Pemprov.

"Terima kasih untuk dukungan banyak pihak, kami tentu juga berharap dukungannya agar Gapoktan ini bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan perhutanan sosial," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar