Jaga Ekosistem Ikan Perairan Tawar, Suhardiman Tebar Ribuan Benih Ikan

KBRN, Pekanbaru : Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM didampingi langsung Sekretaris Daerah (Sekda) H Dedy Sambudi SKep SKM MKes dan Plt Kepala Dinas Perikanan (Kadiskan) Kuansing Dr Agus Mandar SSos MSi tebarkan ribuan benih ikan air tawar, beberapa hari yang lalu di Desa Perhentian Sungkai Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana hal itu guna untuk menjaga ekosistem ikan perairan tawar yang bertujuan melestarikan dengan cara kembali melakukan penebaran benih ikan (Restocking) di sungai yang ada di Desa Perhentian Sungkai tersebut.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati H Suhardiman Amby menyampaikan, bahwa dirinya secara pribadi maupun selaku Kepala Daerah sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Dinas Perikanan Kabupaten Kuansing.

“Semoga dengan demikian, nantinya ikan ikan ini mampu membantu mempertahankan ekosistem dan mampu mencukupi kebutuhan ikan bagi masyarakat, selagi perairan tawar  ini bisa di jaga dan tidak di rusak dengan aktivitas ilegal,” ujar Suhardiman Amby ketika itu.

Masih dalam kesempatan sama, Plt Bupati Suhardiman Amby juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat menjaga lingkungan, serta kelangsungan hidup ikan-ikan di perairan tawar seperti di sungai tersebut.

“Ikan lokal ini banyak mengandung protein dan lebih terjamin kualitas dan mutunya, sehingga sangat bagus di konsumsi serta menyehatkan,” ajak Suhardiman Amby yang bergelar adat Datuk Panglimo Dalam.

Sementara itu, Plt Kadiskan Kuansing Agus Mandar menyampaikan dengan penebaran benih ikan perairan tawar ini diharapkan mampu berkembang biak dan membantu mengembalikan fungsi sebagaimana mestinya.

“Dengan harapan benih tersebut dapat berkembang biak secara baik serta sungai dan perairan umum bisa kembali berfungsi sebagaimana bermanfaat dalam menghasilkan ikan bagi masyarakat,” tegas Agus Mandar yang juga merupakan Asisten 3 Setda Kuansing.

Dalam kesempatan itu, Agus Mandar yang pernah menjabat sebagai Penjabat (Pj) Sekda Kuansing juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kuansing untuk senantiasa mengkonsumsi ikan.

“Yuk, mari mulai hidup sehat dengan mengkonsumsi ikan lokal,” ajak Agus Mandar yang merupakan mantan Kepala Dinas Kehutan (Kadishut) Kuansing beberapa waktu lalu. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar