Distankan Sudah Periksa Ribuan Ekor Hewan Kurban

KBRN, Pekanbaru : Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, mengaku telah memeriksa lebih dari tiga ribu ekor hewan kurban sebagai antisipasi sebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Bidang Peternakan Distankan Pekanbaru Herlandria menyebutkan, sejauh ini belum ditemukan adanya hewan kurban yang terjangkit PMK.

"Untuk saat ini dari yang sudah kita periksa masih aman, tapi belum tahu untuk ke depannya. Karena penularan virus yang menyebabkan PMK itu sangat cepat," ucapnya, dikutip dari pekanbaru.go.id, Senin (27/6/2022).

Selain memastikan kondisi hewan kurban aman dari PMK, juga dilakukan pemeriksaan apakah hewan kurban sudah memenuhi syarat untuk disembelih seperti kondisi fisik yang tidak boleh cacat dan umur sudah mencukupi.

"Dari yang sudah kita periksa semua sudah memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban," ungkapnya.

Lanjut Herlan lagi, pemeriksaan hewan kurban dimulai sejak Rabu pekan kemarin sampai hari H nanti. Bagi hari H, tim dari Distankan masih terus turun kelapangan guna memantau hewan qurban yang sudah disembelih.

"Mungkin ada hati yang ganjil atau ada kondisi daging yang diragukan. Tim nanti akan turun memantau ke lapangan. Masyarakat juga bisa melapor ke kita," tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar