Sertijab Danlanud, Pangkoopsud: Tantangan Tugas Kedepan Kompleks

Penyerahan Duaja Lanud RSn Pekanbaru kepada Danlanud baru

KBRN, Pekanbaru: Upacara serah terima Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Rusmin Nuryadin dilaksanakan di Apron baseops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Senin (27/6/2022). Marsma TNI Ian Fuady menggantikan Marsma TNI Andi Kustoro.

Marsma TNI Andi Kustoro mendapat promosi jabatan sebagai Sahli Tk III Bidang Ekkudag Panglima TNI. 

Pangkoopsud I Marsda TNI Tedi Rizalihadi memimpin upacara serah terima jabatan dalam mengatakan tantangan tugas yang dihadapi kedepan semakin dinamis dan kompleks. Namun semua itu harus mampu kita laksanakan dalam bentuk wujud kehadiran TNI Angkatan Udara, yang memiliki visi pertahanan yang tepat, melalui assessment yang tajam terhadap persepsi ancaman yang paling potensial yang akan kita hadapi.

"Terkait dengan hal tersebut, keberadaan Pangkalan TNI AU menjadi sangat penting dan strategis, khususnya pangkalan udara yang memiliki Skadron Udara beserta alutsista yang diawakinya,” ungkap Panglima. 

Lebih lanjut Marsda TNI Tedi Rizalihadi menjelaskan, kedudukan Lanud Roesmin Nurjadin sangatlah strategis, karena keberadaannya yang dekat dengan selat malaka serta berbatasan dengan negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia.

Di satu sisi, hal ini sangat menguntungkan bagi pembinaan dan kerjasama bilateral, khususnya di bidang pengamanan wilayah perbatasan serta latihan militer bersama.  Namun di sisi lain, dengan letak tersebut, tidak menutup kemungkinan, akan terjadinya pelanggaran wilayah yang merugikan bagi masing-masing negara.

"Sebagai insan udara Saya yakin personel Lanud Roesmin Nurjadin adalah personel-personel yang profesional dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas-tugas kedinasan, sehingga dapat terus mengukir prestasi pengabdian untuk bangsa dan negara.   Kesemuanya ini, tentu karena pimpinan sudah menyiapkan seorang Komandan Lanud dari perwira pilihan, tak terkecuali  Marsma TNI Andi Kustoro,” ujarnya.

Pangkoopsud I puji kinerja Marsma Andi Kustoro, Kontribusi yang telah Marsekal berikan demi kemajuan Lanud Roesmin Nurjadin sudah selayaknya mendapatkan apresiasi.

"Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada ibu Iswari Andi Kustoro yang tidak saja dengan setia mendampingi suami dalam mendukung tugas kedinasan, akan tetapi juga terus berupaya dengan memberikan kontribusi terbaik untuk memajukan organisasi PIA Ardhya Garini Cabang 12 Daerah I Lanud Roesmin Nurjadin, sehingga keberadaannya semakin dapat dirasakan manfaatnya,” lanjutnya.

Orang nomor satu dijajaran Koopsud I menyampaikan kepada Marsma TNI Ian Fuady, ucapan selamat atas jabatan baru sebagai Komandan Lanud Roesmin Noerjadin yang baru.

Kepercayaan yang diberikan pimpinan kepada Marsekal adalah suatu kehormatan yang sekaligus mengandung tanggung jawab yang tidaklah ringan. “Disamping itu, perlu saya ingatkan bahwa jabatan pada hakekatnya merupakan amanah yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar