95 Persen Tugas Kewenangannya Selesai, JCH Riau 1443 H Siap diberangkatkan

KBRN, Pekanbaru : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Riau Dr. H. Mahyudin, MA mendampingi Anggota Komisi VIII DPR RI, Dr. H. Ahmad M.Si melakukan kunjungan kerja sekaligus menerima aspirasi pada Rapat Persiapan Pelaksanaan Ibadah Haji Riau Tahun 1443 H/ 2022 M, Jumat Siang (27/5/2022) bertempat di Aula Lt. 2 Kanwil Kemenag Riau.

Tampak juga hadir mendampingi kunjungan Anggota DPR - RI Dapil Riau tersebut Karo Kesra Setda Prov. Riau yang diwakili Romi Satria Ibrahim dan Kepala Dinas Kesehatan Prov. Riau yang diwakili Dr. Siska Hidayani, M. Kes

Kegiatan dalam rangka koordinasi persiapan pelaksanaan Ibadah Haji Prov. Riau Tahun 1443 H/2022 M tersebut diikuti Kepala Kantor Kemenag beserta Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kab/Kota Se – Riau, Panitia Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau dan awak media.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Riau mengatakan penyelenggaraan ibadah haji melibatkan berbagai pihak, tugas dan kewenangan Kementerian Agama dalam melakukan persiapan Pemberangkatan JCH untuk melaksanakan Ibadah haji Tahun 1443 H/2022 M tidak terdapat kendala yang berarti, Untuk persiapan Dokumen JCH 95 persen telah terpenuhi,

"Tugas pelaksanaan pemberangkatan Ibadah haji tidak 100 persen di Kementerian Agama, tugas pertama kita menyiapkan Dokumen. Alhamdulillah, Dokumen sekarang sudah bisa dikatakan 95 persen selesai, hal ini karena pada Tahun 2020 paspor jamaah sudah pernah kita kumpulkan, karena tidak jadi berangkat maka paspor tersebut kita kembalikan, nah, untuk keberangkatan tahun ini kita menarek kembali paspor tersebut, bagi yang masa berlakunya hampir habis kita perintahkan supaya diurus kembali ke Imigrasi. selanjutnya paspor tersebut akan dilakukan proses pemvisaan". ujarnya.

Lebih lanjut Mahyudin mengatakan selain mempersiapkan Dokumen, Kementerian Agama juga bertugas melakukan pembinaan terhadap Jamaah Calon Haji dengan melakukan Bimbingan Manasik Haji, baik yang dilakukan di tingkat Kecamatan maupun Kabupaten.

" Untuk pembinaan, di Kabupaten/ Kota di Riau saat ini ada yang sudah melaksanakan bimbingan manasik haji dan ada yang sedang berlangsung. Perlu diketahui Jamaah Calon Haji, buku panduan Bimbingan Manasik haji sudah disampaikan pada tahun 2020, berarti sudah dua tahun bersama mereka, meskipun buku sudah dua tahun bersama mereka kita tetap melaksanakan Bimbingan Manasik,  Selain itu jamaah juga dapat menyaksikan pembelajaran manasik haji melalui video manasik yang sudah disampaikan kepada jamaah melalui Kemenag Kab/Kota". jelasnya.

Terakhir Mahyudin mengatakan karena penyelenggaraan Ibadah haji ini melibatkan berbagai pihak, Kementerian Agama sudah melakukaan koordinasi dengan pihak terkait dalam memberikan layanan kepada JCH Riau seutuhnya. seperti Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Kepolisian, Angkasa pura, dan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar