Disdukcapil Pekanbaru Segera Terapkan KTP Digital

KBRN, Pekanbaru : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, bakal terapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital. Penerapan KTP Digital ini direncanakan mulai Agustus 2022 secara menyeluruh.

Informasi ini disampaikan langsung Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita, Jumat (27/5/2022).

Irma menyebut, uji coba KTP Digital sebelumnya sudah dilakukan pada 50 kabupaten kota di Indonesia, dan khusus untuk internal Disdukcapil. Termasuk diantaranya Disdukcapil Kota Pekanbaru.

"Kalau disini yang sudah memiliki KTP digital saya selaku kepala dinas dan salah satu personel bagian IT," terang Irma Novrita dikutip dari pekanbaru.go.id.

Terkait hasil evaluasi KTP digital menurut Irma kemungkinan sudah ada, namun belum disampaikan hasilnya ke daerah. Yang pasti mengenai rencana akan segera diterapkannya KTP digital secara menyeluruh sudah ada.

"Kalau sudah menyeluruh, kemungkinan sudah diterapkan sampai ke masyarakat juga," tambah Irma.

Irma juga menyatakan secara umum Kota Pekanbaru juga sudah siap untuk melaksanakan KTP Digital. Karena sistem administrasi kependudukan kota Pekanbaru sendiri masuk dalam sistem SIAK Terpusat.

Hanya saja untuk petunjuk teknis pelayanan kemungkinan masih diperlukan lagi. Irma mencotohkan, semisal bimbingan teknis untuk bagian pelayanan.

"Karena kemarin petugas hanya melayani untuk KTP-EL, kemudian berpindah ke KTP Digital. Itu yang perlu dipersiapkan lagi. Selain juga peningkatan versi perangkat lunak yang dibutuhkan ke versi yang lebih bagus lagi," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar