Ekspose Pacu Jalur di Kemenparekraf

KBRN, Pekanbaru : PLT Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby AK MM melakukan ekspose potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), terutama pacu jalur yang kembali akan dihelat pada tahun 2022 ini.

Plt Bupati Suhardiman Amby didampingi Sekda H Dedy Sambudi SKM MKes, Wakil Ketua II DPRD Kuansing Juprizal SE MSi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Drs Azhar MM. Mereka disambut langsung Menparekraf Sandiaga Uno bersama para petinggi lainnya di Kemenpareraf.

Plt Bupati Suhardiman Amby pun mendaulat Sandiaga Uno untuk membuka secara langsung iven tradisi pacu jalur di tepian Narosa Teluk Kuantan yang akan dihelat 21-24 Agustus mendatang.

Kepada Menparekraf Sandiaga Uno, Suhardiman Amby memaparkan soal tradisi kebanggaan masyarakat Kuansing ini. Mulai dari awal proses pembuatan jalur yang dimulai dari pemilihan kayu jalur dengan diameter dan panjangnya sudah ditentukan, proses pembuatan jalur, muatan pemacu atau atlet pacu jalur itu sendiri, dan banyaknya pengunjung yang datang pada iven pacu jalur.

Suhardiman Amby kepada Kuansing Fm mengatakan, kemarin Alhamdulilah tahun ini iven yang sudah menjadi tradisi masyarakat Kuantan Singingi, pacu jalur tahun 2022 ini bisa digelar kembali, setelah dua tahun batal dilaksanakan karena pandemi Covid- 19 melanda seluruh wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Kuantan Singingi.

Dari kegiatan budaya iven nasional pacu jalur dari tahun ke tahun, pengunjung mengalami peningkatan. Puluhan ribu pengunjung yang berasal dari masyarakat Kuansing, masyarakat perantauan, provinsi tetangga hingga manca negara ikut menyaksikan. Tahun ini, pacu jalur tidak hanya kembali dihelat. Tapi, ia berharap akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat serta usaha kecil menengah khas Kuansing seperti batik Kuansing yang saat ini sedang dikembangkan.

Di kesempatan itu, Suhardiman juga memaparkan tentang potensi pariwisata yang dimiliki Kuansing terutama alam dan budaya. Beberapa objek wisata alam seperti Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban di Kecamatan Hulu Kuantan, Air Terjun Tujuh Tingkat Guruh Gemurai di Kuantan Mudik ikut dipromosikan.

Pemkab Kuansing, menurut Suhardiman konsen untuk pengembangan potensi pariwisata yang dimiliki Kuansing.

Namun tentu saja butuh dukungan dan support dari Kemenparekraf karena anggaran yang dimiliki Kuansing yang sangat terbatas.

Di akhir pertemuan, Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby memberikan bingkisan batik Kuansing pada Menparekraf Sandiaga Uno. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar