Diduga Diracun, Gajah Betina Ditemukan Mati dalam Kondisi Hamil

Tim dokter BBKSDA Riau tengah nekropsi (bedah bangkai) gajah mati

KBRN, Pekanbaru : Gajah betina yang ditemukan mati di areal konsesi PT Riau Abadi Lestari Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis diketahui tengah hamil. Gajah berusia 25 tahun ini mati dengan kondisi mengenaskan.

“Dunia konservasi kembali berduka. Kemarin ditemukan satu ekor satwa gajah dalam kondisi mati. Berdasarkan hasil nekropsi gajah tersebut dalam kondisi hamil/bunting, kemungkinan dalam hitungan hari gajah akan melahirkan satu anakan,” ujar Plh Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Hartono, Kamis (26/5/2022).

Dikatakan Hartono, saat gajah dewasa ini ditemukan janin yang ada di dalam kandungan tidak terselamatkan. Diduga gajah mati diracun melalui pakan makanan.

“Berdasarkan hasil nekropsi, tidak ada tanda kekerasan. Akan tetapi terhadap gajah dari hidung dan telinga mengeluarkan darah, indikasinya ada makan buah nanas yang saat ini masih dilakukan pengecekan sampel,” jelas Hartono.

BBKSDA Riau akan mengirimkan sampel organ tubuh gajah ke Balai Veteriner Bukittinggi, Sumatera Barat. Nantinya hasil laboratorium akan mengetahui penyebab pasti matinya gajah.

Selain itu juga, polisi akan melakukan proses penyelidikan terkait kematian gajah dewasa ini.

“Kami bersama kepolisian akan melakukan langkah upaya hukum untuk proses penyelidikan terkait kematian gajah. Gajah mati di tangan orang tidak bertanggung jawab,” kata Hartono.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar