Kapal Nelayan Tenggelam di Selat Malaka, 3 Orang Selamat

Tim SAR dan MRCC Johor Baru berkoordinasi dalam proses penyelamatan korban kapal tenggelam. Dok: Basarnas Pekanbaru

KBRN, Pekanbaru : Peristiwa naas dialami nelayan dari Sumatera Utara pada Rabu (25/5/2022) kemarin. Kapal nelayan tenggelam di perairan Selat Malaka.

Humas Kantor SAR Nasional Pekanbaru, Kukuh Widodo, mengatakan kapal nelayan Rapika mengangkut tiga awak yakni Misdar, Suherman dan Sutrawanto kena terjang ombak sehingga kapal mengalami kebocoran dan tenggelam.

“Ketiga crew sempat terapung-apung dibagian atas rumah kapal selama 4 jam. Kemudian diselamatkan oleh MV. Gulafruz,” ujar Kukuh, Kamis (26/5/2022).

Sebelumnya, Basarnas dan tim gabungan menerima laporan dari MRCC Johor Baru Malaysia bahwa terjadi Kapal nelayan tenggelam dan sedang di evakuasi oleh MV. Gulafruz. 

“Tim SAR gabungan yang terdiri dari Crew RB 218 Dumai dan Polairud Dumai menuju lokasi pejemputan. Kemudian kapal tim gabungan tiba dan bersandar di pelabuhan navigasi tg rhu  Rupat Utara sekitar pukul 22.45 WIB,” lanjutnya.

Korban kapal tenggelam yang selamat berhasil dipindahkan ke RB 218. Selanjutnya RB 218 kembali ke pelabuhan Pokala Dumai. Sekitar pukul  05.30 WIB RB 218 tiba di pelabuhan Pokala Dumai dan korban diserahkan ke pihak keluarga.

“Dengan selesainya intercept MV. Golafruz ke RB 218, maka Ops SAR hari ini dinyatakan selesai,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar