3 Desa di Riau Terpilih Sebagai Desa Cantik

KBRN, Pekanbaru : Tiga desa di Provinsi Riau terpilih sebagai Desa Cantik yang merupakan program Badan Pusat Statistik (BPS) yaitu Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik.

Hal itu dikatakan oleh Sub Koordinator Fungsi Jaringan dan Rujukan Statistik Sekaligus Ketua Sekretariat Desa Cantik, Dadang Sunandar, S.ST.MT saat dialog dalam Lintas Pekanbaru Pagi di Pro1 RRI Pekanbaru, Senin (23/5/2022).

"Desa Cantik merupakan program pembinaan dari Badan Pusat Statistik dalam lingkup desa, kelurahan dan yang setingkat untuk meningkatkan kompetensi aparat desa dalam mengelola dan memanfaatkan data desa sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran," jelasnya.

Dikatakan, tujuan program ini untuk peningkatan kompetensi aparatur desa dalam mengelola dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran.

"3 Desa di Provinsi Riau terpilih dalam Program Desa Cinta Statistik dari 100 desa di wilayah administrasi setingkat desa di seluruh Indonesia. Tahun 2021 lalu Provinsi Riau terdapat didalam Program 100 Desa Cinta Statistik secara nasional, ada 3 desa di Provinsi Riau termasuk didalam 100 Desa Cinta Statistik Nasional," rincinya.

3 Desa tersebut antara lain, Desa Pekan Kamis, Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir, Desa Laboy Jaya, Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar dan Desa Mukti Jaya Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir.

Dadang Sunandar mengatakan bahwa progres pelaksanaan pembinaan Program Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik di Provinsi pada tahun 2021 sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan.

"Karena di ketiga desa itu, terjadi suatu komunikasi yang intens," sebutnya.

Sedangkan output Program Desa Cantik Provinsi Riau tahun 2021 tersebut dijelaskannya antara lain, Pertama, Aplikasi Desa Pekan Kamis dalam rangka sebagai output pembinaan di Desa Pekan Kamis Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir.

Kedua, SIDUKDES (Sistem Informasi Kependudukan Desa) sebagai output pembinaan di Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar.

Terakhir Ketiga, terbentuknya Komunitas Statistik Kepenghuluan Mukti Jaya sebagai output pembinaan di Desa Mukti Jaya Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir.

Saat dialog, juga menghadirkan Kasi Pelayanan Desa Gunung Sari Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Husni dan Kepala Desa Bukti Jaya Rohul Yuhono sebagainara sumber. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar