Mahyudin: Direncanakan Pertengahan Juni, Jamaah Calon Haji Riau Menuju Embarkasi Batam

KBRN, Pekanbaru : Setelah dua Tahun tidak memberangkatkan Jamaah Calon Haji karena Dampak Pandemi Covid – 19, Pemerintah Arab Saudi kembali membuka peluang Jamaah luar Negaranya untuk dapat melaksanakan Ibadah haji.

Tahun 1443 H/2022 M terdapat 2.290 Jamaah Haji Prov. Riau yang akan diberangkatkan melaksanakan Rukun Islam ke lima tersebut. Dari jumlah tersebut terdapat 2.304 Jamaah Reguler, 12 Petugas Haji Daerah (PHD), 2 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan 10 orang Petugas Kloter yang dibatasi dengan Usia 65 tahun per tanggal 30 Juni 2022.

" Saat ini kita sedang mempersiapkan keberangkatan jamaah haji, Insyaallah sesuai dengan rencana Jamaah Haji Indonesia akan masuk asrama pertama pada tanggal 3 Juni 2022, artinya tanggal 4 Juni Jamaah Indonesia sudah terbang ke Madinah untuk melaksanakan rangkaian Ibadah haji, untuk jamaah Prov. Riau akan diberangkatkan  melalui Embarkasi Haji Batam, Untuk Riau direncanakan pertengahan juni, saat ini masih menunggu surat resmi kloter keberapa jamaah haji  akan di berangkatkan dari Embarkasi Batam” Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Riau Dr. H. Mahyudin, MA setelah melantik Pejabat Administrator Eselon III/a di Lingkungan Kanwil Kemenag Riau, Jum'at (20/5/2022).

Mengingat waktu yang terbatas, Mahyudin menginstruksikan Kemenag Kabupaten/Kota untuk mempersiapkan proses penyelesaian Dokumen, Layanan terhadap jamaah haji di daerah serta pemantapan manasik haji didaerah.

" saya berharap Kementerian Agama Kab/kota dapat memberikan pelayanan terbaiknya untuk jamaah haji di wilayahnya yang waktu persiapannya sangat singkat, sehingga keberangkatan Jamaah haji di Prov. Riau berjalan baik dan lancar”.

Perlu diketahui, saat ini seluruh Jamaah Haji Provinsi Riau yang masuk kedalam daftar keberangkatan Tahun 1443 H/2022 M dan telah melunasi BPIH sedang mengikuti Bimbingan Manasik Haji yang dilaksanakan oleh Kemenag Kab/Kota. Hal tersebut sesuai dengan Kepdirjen No. 146/Tahun 2022 Tentang Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Jamaah Haji Reguler Tingkat Kab/Kota dan Kecamatan Tahun 1443 H/2022 M.

Adapun sebaran Jamaah Haji Prov. Riau sebagai berikut :

Kota Pekanbaru berjumlah 464 Jamaah

Kab. Kampar berjumlah 393 Jamaah

Kab. Bengkalis berjumlah 132 Jamaah

Kab. Siak berjumlah 105 Jamaah

Kab. Indragiri Hilir berjumlah 302 Jamaah

Kab. Indragiri Hulu berjumlah 102 Jamaah

Kab. Rokan Hilir berjumlah 130 Jamaah

Kab. Rokan Hulu berjumlah 241 Jamaah

Kab. Kuansing berjumlah 116 Jamaah

Kab. Pelalawan berjumlah 149 Jamaah

Kab. Dumai berjumlah 90 Jamaah

Kab. Kep. Meranti  berjumlah 66 Jamaah

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar