Mendesak, Pedagang Terminal BRPS harus Pindah ke Pasar Induk

KBRN, Pekanbaru : Wacana pemindahan ratusan pedagang Terminal BRPS Pekanbaru ke kawasan Pasar Induk mendapatkan larangan dari DPRD Pekanbaru. Kendati demikian, Disperindag Pekanbaru berusaha agar relokasi segera dilakukan dengan sejumlah pertimbangan.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pekanbaru berencana melakukan pemindahan atau relokasi, terhadap ratusan pedagang Terminal BRPS Pekanbaru ke kawasan Pasar Induk. Wacana tersebut ternyata mendapatkan respon mengejutkan dari wakil rakyat di DPRD Pekanbaru, yang melarang dilakukannya pemindahan atau relokasi. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, pemindahan atau relokasi pedagang Terminal BRPS ke kawasan Pasar Induk terpaksa dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Hanya saja, proses relokasi mendapatkan larangan dari DPRD Pekanbaru karena dinilai dapat menghambat pembangunan kawasan Pasar Induk.

“Kita sudah sampaikan kepada DPRD Pekanbaru melalui Komisi IV, bahwa relokasi tetap harus dilakukan karena aktifitas kawasan Terminal BRPS Pekanbaru sudah mulai padat. Disana ada sejumlah fasilitas pelayanan publik, seperti Dinas Pemadam Kebakaran dan pool kendaraan Trans Metro Pekanbaru. Pedagang akan kita pindahkan, namun bukan di lokasi pembangunan Pasar Induk, kan disana lahannya luas, jadi bisa kita gunakan,” ucap Ingot kepada RRI Pekanbaru, Minggu (22/5/2022). 

Saat ini, pembangunan fisik kawasan Pasar Induk yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta ujung baru mencapai angka 60 persen. Lokasi tersebut, dinilai tidak layak untuk ditempati pedagang Terminal BRPS karena proses pembangunannya masih berlanjut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar