Koordinasi Percepatan Vaksinasi 70 Persen, Wakil Ketua DPRD Sumbar Kunjungi Diskes Riau

KBRN, Pekanbaru : Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Masrul Kasmy, menerima kunjungan Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Irsyad Syafar. Kunjungan Legislatif Sumbar itu dalam rangka koordinasi pencapaian pelaksanaan protokol kesehatan dan gerakan pencapaian vaksinasi. Pertemuan digelar di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Pekanbaru, Jumat (28/1/2022).

Irsyad Syafar menjelaskan, kehadirannya ke Provinsi Riau, karena pihaknya telah melihat capaian vaksinasi di Riau berada di atas Sumbar. Sehingga ia ingin mengetahui apa saja yang dilakukan Pemprov Riau sehingga bisa mencapai angka yang di targetkan oleh pemerintah pusat.

Ia membeberkan, kendati program vaksinasi di Sumbar telah digesa, namun  pencapaian vaksinasi di akhir Desember 2021 lalu belum maksimal. Untuk itulah kehadirannya ke Provinsi Riau sebagai upaya menggali informasi dan mencari tahu strategi yang dilakukan oleh Pemprov Riau.

"Kami penasaran strategi apa yang dilakukan Pemprov Riau ini sehingga target vaksinasi 70 persen dari pemerintah pusat bisa tercapai," ucapnya.

"Wajar kami datang kesini, karena capaian vaksinasi Riau jauh di atas kami. Untuk itu harapannya masukan-masukan yang diberikan dapat membantu kami di Sumatera Barat dalam pelaksanaan vaksinasi," imbuhnya

Irsyad Syafar mengatakan, bahwa kerja sama antara Riau dan Sumbar sudah lama terjalin. Sebelumnya Riau juga pernah menyalurkan bantuan kesehatan berupa oksigen dan bantuan lainnya. Bantuan itu menurutnya telah membawa pengaruh positif terhadap Sumatera Barat dalam penanganan COVID-19.

"Waktu itu, pas puncak-puncaknya COVID-19, Sumbar didukung dengan bantuan oksigen dari Pemprov Riau. Ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat dan merupakan sinergi yang luar biasa," katanya.

Sementara, Plt Kadiskes Riau menyambut baik kedatangan legislatif asal Sumbar itu. Ia menyampaikan, Provinsi Riau dan Sumbar, sebelumnya juga telah banyak melakukan berbagai progam kerja sama antar daerah, khususnya di bidang kesehatan dan bidang lainnya.

"Alhamdulillah kita Dinas Kesehatan Provinsi Riau kedatangan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat dalam rangka silaturahmi dan koordinasi terkait upaya-upaya pelaksanaan prokes dan capaian vaksinasi," kata Masrul Kasmy.

Selain itu, ungkap Masrul, capaian vaksinasi di Provinsi Riau saat ini memang berada di atas Sumbar. Hal itu lantaran adanya dukungan semua pihak baik Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau, tokoh adat, tokoh agama dan dukungan oraganisasi lainnya.

"Capaian vaksinasi yang tinggi disebabkan adanya dukungan semua pihak dan ada juga di daerah-daerah yang memberikan hadiah kepada masyarakat jika ingin divaksin,"tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar