BKKBN Riau Lakukan Verifikasi dan Validasi Aplikasi New SIGA 2022

KBRN, Pekanbaru : Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau mengadakan Verifikasi dan Validasi Aplikasi New SIGA, Kamis (27/1/2022) di Hotel Grand Central Pekanbaru.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Riau, Mardalena Wati Yulia dihadiri oleh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Keluarga Berencana (KB) dan pihak terkait.

Menurut Mardalena Wati Yulila, BKKBN menerapkan sistem informasi yang yang lebih rigit, kekinian dan akuntabel yaitu Sistem Informasi Keluarga (SIGA), yang kini diubah menjadi New SIGA. New SIGA ini akan menjadi data operasional bagi petugas KB dan pihak terkait dalam melakukan intervensi terhadap program BKKBN, khususnya program Bangga Kencana.

“Melalui New SIGA, BKKBN ingin membangun sistem data yang lebih baik, ke depan dengan sinkronisasi data basis keluarga Indonesia dengan sistem informasi kependudukan. Sinkronisasi ini menjadi salah satu fokus BKKBN. Fokus lainnya mengintegrasikan data statistik rutin program Bangga Kencana supaya menjamin dan menjaga kerahasiaan individu,” ujarnya.

Dijelaskan, data keluarga dalam aplikasi New SIGA itu sangatlah penting sebagai peta kerja, intervensi program dan pengukuran kinerja. Aplikasi ini menyediakan data nama dan alamat yang akurat atau by name by address. Dalam New SIGA ini dikembangkan lagi item-item data seperti data pelayanan KB, pelayanan kontrasepsi, kartu pendaftaaran, laporan pengendalian lapangan, maupun kelompok kegiatan baik Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), PIK Remaja dan lain sebagainya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar