Wacana Penghapusan Honorer, Wali Kota: Itu Baru Wacana

KBRN, Pekanbaru : Pemerintah pusat akan menghapus keberadaan tenaga honorer atau tenaga harian lepas (THL) pada 2023. Namun, informasi yang beredar itu baru sekadar wacana.

Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T, M.T memastikan, keputusan pemerintah yang akan menghapus tenaga honorer pada 2023 baru sekadar wacana. Karena, petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) belum diterima hingga kini.

Pemerintah pusat berencana meniadakan tenaga honorer atau THL. Tetapi, THL diganti dengan tenaga outsourcing (tenaga dari perusahaan swasta). Bila menggunakan perusahaan outsourcing, maka karyawannya dibayar secara profesional. "Itu baru wacana. Karena, kami belum tahu juklak dan juknis," ucap Wali Kota, dikutip dari pekanbaru.go.id, Senin (24/1/2022).

Kekurangan pegawai yang sangat besar di pemerintah daerah mesti diadakan secara proporsional dan terkendali. Maka, adanya tenaga outsourcing akan jelas jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan."Kalau sekarang, masing-masing OPD yang menentukan jumlah THL sesuai kebutuhannya. Kadang-kadang, jumlah THL yang diterima tak bisa dikendalikan dan tak terpantau. Fenomena ini juga terjadi di seluruh Indonesia," sebut Wali Kota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar