Kuliner, Otun Merupakan Makanan Khas Kuantan Mudik Kuansing

KBRN,Pekanbaru : Kuatan Singingi (Kuanssing) memiliki beraneka ragam kuliner khas yang meliputi dari 15 kecamatan, dengan memiliki 334.475 jiwa penduduk di tahun 2021 ini.

Kuansing merupakan pemenang kategori Kuliner Khas Terpopuler dalam penghargaan Malam Puncak Anugerah Pariwisata Riau 2021 pada 12 April 2021 lalu di Pekanbaru.

Namun tidak itu saja, Kuansing juga memiliki kuliner khas lainnya yakni otun, yang mana kuliner khas otun tersebut berasal dari Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau.

Diketahui Otun ini merupakan sejenis masakan sambal yang dicampur dengan asam durian dengan cita rasa khas ada rasa manis, pedas dan rasa asam sebagai penggugah selera.

Otun terbuat dari ikan teri, Ikan patin, Ayam, Cipuik (siput rawa) bahkan ada yang dinamakan dengan puluik otun, yang mana puluik otun tersebut terbuat dari ketan yang dibungkus dengan daun pisang muda yang dikukus menggunakan dandang kukus.

Makanan ini, sudah tidak asing lagi bagi lidah masyarakat berjuluk Kota Jalur tersebut, terutama bagi masyarakat yang melekat dengan tradisi perahu baaganduang Kecamatan Kuantan Mudik, karena makanan khas Otun tersebut sudah menjadi menu pertanyaan bagi pelancong yang hendak pulang dari perantauan.

"Kuansing kaya akan tradisi dan makanan khas, Namun jarang terpublis. Saya masih ingat akan lagu daerah kita yang menyebutkan makanan khas di berbagai daerah Kuansing, yang mana rondang paku dari pangean, rondang karambia muaro dari Sentajo, pucuak ngalo (daun ubi) Muara Lembu, Namun kini tak jadi sebutan lagi, " ujar Heri perantau asal Kuantan Mudik di perantauan.

Dilanjutkan Heri, makanan khas ini adalah budaya, budaya yang patut kita lestarikan, agar menjadi pengingat untuk generasi anak cucu kita kedepan, biar tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan, tutup Hari mengingatkan.(dw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar