Rumah Godang Sentajo Kuansing Terjaga Keasliannya, Dilestarikan Turun Temurun Selama Ratusan Tahun

KBRN,Pekanbaru : Usianya sudah ratusan tahun, namun hingga saat ini, rumah adat Kabupaten Kuantan Singingi di Kenagarian Sentajo Kecamatan Sentajo Raya masih kokoh berdiri, tanpa perubahan.

Memiliki atap dua tingkat, bagian rumah memanjang dengan beranda yang menjorok ke depan. Jendela berjejer di bagian depan samping kiri dan kanan pintu masuk.

Kebanyakan dari rumah adat yang bernama Rumah Godang itu juga masih mempertahankan tangga aslinya yang tampak tua, namun masih kuat.

Sebanyak 27 Rumah Godang di Kenagarian Sentajo tersebut sampai saat ini terus dirawat. Secara turun temurun generasi dari suku masing-masing Rumah Godang terus mewarisi rumah itu dengan tetap menjaga keasliannya.

Sementara itu, Kepala Urusan (Kaur) Umum desa tersebut, Madu Yusman mengatakan, walau ada perbaikan dilakukan, tetapi tidak mengubah bentuk asli rumah tersebut. "Sampai saat ini 27 Rumah Godang di Sentajo masih mempertahankan bentuk aslinya. Secara turun temurun terus dilestarikan," kata Yusman. Sabtu ( 22/01).

Dilanjutkannya, setiap setahun sekali rumah adat ini dilakukan perkumpulan untuk bersilaturahmi antara ninik mamak, cucu dan kemenakan. Selanjutnya, pada saat silaturahmi itu, tungganai (mamak suku) menyampaikan keadaan rumah adat dan tahapan program pembangunan rumah adat tersebut.

Dihadapan para petingi adat, tungganai melakukan permintaan sumbangan untuk perbaikan rumah adat. Kepedulian para cucu dan kemenakan yang berada di rantau dan juga dermawan, membuat keberadaan rumah adat Kenegerian Sentajo masih berdiri kokoh dan masih difungsikan.

Ia juga menyampaikan, terdapat empat suku yang ada di Kenegerian Sentajo , yakni Caniago, Melayu, Paliang dan Patopang. Kemudian berkembangnya populasi maka Suku Paliang terbagi menjadi Suku Paliang Lowe, Paliang Soni dan Suku Tanjung namun datuk penghulunya tetap satu.

Sementara itu, untuk jumlah rumah adat dari masing-masing suku di antaranya adalah, Patopang 3 unit, Piliang Soni 6 unit, Piliang Lowe 3 unit, Melayu 6 unit, Caniago 2 unit dan Tanjuang 7 unit, dan totalnya 27 unit. Rumah Godang di Kenagarian Sentajo Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi.

Sementara itu, Kepala Desa Sentajo, Heprianto mengatakan, selain Rumah Godang , di sana juga terdapat objek wisata lainnya, seperti hutan lindung Sentajo Raya, permainan gasing, silat pendekar bertuah, kuliner dan lainnya. ( dw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar