TP2GD Pekanbaru Gelar Seminar Daerah Terkait Usulan Marhum Pekan Sebagai Pahlawan Nasional

KBRN,Pekanbaru : Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru berencana menggelar seminar daerah pada 9 Februari 2022 mendatang. Seminar ini adalah tahapan tahapan dalam pengajuan Pendiri Kota Pekanbaru, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau Marhum Pekan sebagai pahlawan nasional.

"Kita berharap ada dukungan dari semua pihak, agar nantinya seminar daerah bisa berjalan lancar," harap Wakil Wali Kota (Wawako) Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Kamis (20/1).

Masyarakat dan kalangan pendidikan bisa ikut dalam seminar yang berlangsung secara hibrid. Penyelenggara memadukan seminar langsung dan juga secara online.

Wawako menyebut bahwa tidak mungkin seluruh peserta seminar hadir secara langsung. Penyelenggara seminar pun menyediakan akses khusu bagi masyarakat yang hendak mengikuti seminar ini secara online.

Ayat mengajak semua pihak mendukung penuh rencana pengusulan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai pahwalan nasional. Ia menyebut setelah seminar daerah bakal ada seminar nasional.

"Nanti setelah seminar daerah tuntas, maka berlanjut seminar nasional. Ada rencana pada Maret 2022 mendatang," ujarnya.

Ia menyatakan bahwa tim berupaya melengkapi tahapan untum mengusulkan Marhum Pekan sebagai pahlawan nasional. Tim juga sudah melakukan penelusuran terhadap jejak sejarah Sultan kelima dari Kerajaan Siak.

Hasil penelusuran tim nantinya menjadi dokumentasi agar pada tahun depan targetnya Marhum Pekan menjadi pahlawan nasional. Ia menyebut bahwa banyak tahapan untuk memenuhi pengajuan tersebut.

TP2GD melibatkan Dinas Sosial Kota Pekanbaru dan Balitbang Kota Pekanbaru. Mereka bakal menyusun buku hingga menggelar seminar nasional agar bisa mengajukan Marhum Pekan. (eb)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar