Bank sampah libatkan hingga 6.000 warga

KBRN,Pekanbaru : Bank sampah yang merupakan binaan PT Pegadaian (persero) Kantor Wilayah Pekanbaru mencatat jumlah warga yang terlibat dalam program bank sampah yang dikelola The Gade Clean And Gold di tiga kota yaitu Padang, Pekanbaru, dan Batam mencapai 6.000 orang.

Sejak diluncurkan november 2018 lalu dan berjalan 3 tahun lebih,jumlah warga yang terlibat di aktivitas sosial, bank sampah terus bertambah ,bahkan aktivitas bank sampah The Gade Clean And Gold terus berkembang, khusus untuk Pekanbaru sekitar 500 orang, Batam juga sekitar 500 orang namun paling banyak di Padang jumlahnya mencapai 5.000 orang.

Kepala Bagian Program Kemitraan Bina Lingkungan Pegadaian Kantor Wilayah II, Irwan merincikan para warga yang terlibat di program bank sampah the gade terbagi 2 yaitu anggota biasa yang rutin menyetor sampah lalu mendapatkan uang tunai serta anggota sekaligus nasabah pegadaian, yang akan mendapatkan saldo tabungan emas dari hasil sampah yang dijualnya di bank sampah.

“ Minat masyarakat untuk ikut dalam kegiatan terus menunjukkan peningkatan, untuk Pekanbaru misalnya pihaknya berencana menggandeng pengelola bank sampah lain ,selain dari bank sampah mutiara yang memang telah menjadi mitra,” ucapnya,Sabtu ( 15/01).

Dari kerjasama ,para pengelola bank sampah akan saling bersinergi dan berbagi pengetahuan dalam mengelola hasil sampah yang diterima, misalnya mencari pembeli pasokan sampah dengan harga lebih tinggi.

Selain itu,pihaknya juga mengenalkan produk tabungan emas kepada para pengelola bank sampah lainnya. Program terebut selain melestarikan lingkungan juga wadah berinvestasi melalui tabungan emas pegadaian.(ts)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar