Diskominfotik Riau Gelar Forum Data Teknis Statistik Sektoral

KBRN, Pekanbaru :Dinas Komunikasi dan Informasi Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau menggelar acara Forum Data Teknis Statistik Sektoral Provinsi Riau di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Selasa (7/12/21).

Kegiatan yang bertemakan "Satu Data Mewujudkan Pembangunan Daerah Provinsi Riau" dibuka secara virtual oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kadiskominfotik) Provinsi Riau Rahima Erna di ruang Kadiskominfotik.

Forum data teknis statistik sektoral digelar dalam rangka percepatan kebijakan menuju Satu Data Provinsi Riau. Juga tersedianya satu basis data yang sama, dapat dipertanggungjawabkan dan mendukung perencanaan pelaksanaan evaluasi serta pengendalian pembangunan daerah yang transparan, efektif, efisien, berkelanjutan dan terukur secara tematik.

Kadiskominfotik Provinsi Riau, Rahima Erna mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan perbaikan tata kelola data pemerintah, karena menurutnya hal tersebut sangat penting dalam merencanakan pembangunan di daerah.

"Kita akan mendesain Satu Data, dan kita juga ingin Kepala Daerah update terus mengenai data, karena bagaiamana kita akan menyusun perencanaan kalau tidak ada Satu Data yang pasti," ujarnya.

"Data yang dimaksud adalah data statistik sektoral dan geospasial tematik, yang merupakan aset strategis landasan pembangunan di Riau," tambah Erna.

Kadiskominfotik Provinsi Riau, Rahima Erna membuka secara virtual Forum Data Teknis Statistik Sektoral Provinsi Riau.

Terkait Tata Kelola Data, sebut Erna, Provinsi Riau telah mempunyai Pergub Nomor 23 Tahun 2021 tentang Satu Data Provinsi Riau, sebagai tindak lanjut Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Kebijakan Satu Data Provinsi mengarah pada kebijakan Satu Data Indonesia yang tujuannya mendukung Instansi Pusat dan Instansi Daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengedalian pembangunan.

"Dengan adanya forum ini mudah-mudahan terwujud Satu Data Provinsi Riau yang handal, berkualitas dan terintegritas," harap Rahima Erna. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar