Disosialisasikan Draft Laporan Akhir Penyusunan Grand Design Riau Digital 2021-2025

KBRN, Pekanbaru : Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau adakan Sosialisasi Draft Laporan Akhir Penyusunan Grand Design Riau Digital 2021-2025 di Hotel Angela Teluk Kuantan, Selasa (07/12/2021). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi.

Adapun Sosialisasi ini bertujuan untuk percepatan transformasi digital di Daerah Kabupaten atau Kota.

“sosialisasi ini tidak hanya sebatas mempermudah penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik sebagaimana yang diamanatkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, tetapi juga dalam upaya menciptakan ekosistem digital bagi masyarakat luas, sehingga diharapkan kemudahan layanan dari segala aspek kehidupan masyarakat akan terwujud, yang pada gilirannya tentu akan mampu mengungkit perekonomian dan taraf hidup masyarakat” terang Dr Muhardi S Kom M Kom selaku nara sumber.

“Sosialisasi ini merupakan tahap finalisasi laporan akhir, dimana draft laporan akhir tersebut perlu dikomunikasikan dengan pemangku kepentingan antara lain kepada Bapak Ibu Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten” katanya.

Disamping itu, dalam sambutan Kadis Kominfoss Samsir Alam mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan penyusunan grand design Riau Digital tahap akhir ini di taja oleh Yayasan Politeknik Chevron Riau.

“Sebagai penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Kuantan Singingi tentu kita dituntut untuk menyesuaikan dengan perkembangan TIK dalam melalukan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Hal ini sesuai dengan RPJMD Kabupaten Kuantan Singingi Pada misi ke 2 yaitu. Mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang optimal” kata Kadis Kominfoss Samsir Alam.

“Sejauhnya ini  penerapan SPBE di Pemerintrah Kabupaten Kuantan Singingi kian hari makin membaik. Hal ini dapat lihat dari indek SPBE Kabupaten Kuantan Singingi pada Tahun 2020 (2,29) dengan katagori baik” terang Kadis Kominfoss.

Berdasarkan data yang terima, Dinas Kominfoss Kuansing saat ini memiliki 99 Aplikasi yang digunakan oleh OPD dalam penyelenggaraan Pemerinthan Berbasis elektronik, dan sebagian aplikasi yang Diskominfoss Kuansing buat dan kembangkan, di buat dan dikelola secara in house oleh Pemerintah Kabupten Kuantan Singingi.

Kadis Kominfoss Samsir Alam berharap, grand design Riau Digital mengeluarkan pedoman, master plan atau blueprint bagi SPBE Kuansing. Sebab, grand design ini akan menjadi acuan daerah dalam penyusunan anggaran.

"Untuk itu, semua peserta yang hadir, agar mengisi kuesioner, agar data dan informasi yang diperoleh benar-benar dan ini sangat bermanfaat untuk Kuansing ke depan," kata Kadis Kominfoss Samsir Alam. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar