13 Kali Sampaikan LHKPN Tepat Waktu, Gubri Terima Penghargaan Dari KPK

KBRN, Pekanbaru : Dalam rangka memperingati hari antikorupsi sedunia tahun 2021, Komisi Pemberantasan Korupsi memberikan penghargaan kepada wajib laporan LHKPN yang merupakan pejabat publik, Senin (06/12/21).

Wakil ketua KPK RI Alexander Marwata secara virtual menyerahkan penghargaan wajib lapor LHKPN kepada 6 pejabat publik di Indonesia, termasuk diantaranya Gubernur Riau Syamsuaryang sudah melaporkan LHKPN sebanyak 13 kali sejak tahun 2013.

Disampaikannya, apa yang dilakukan Gubernur Riau Syamsuar dapat menjadi contoh bagi gubernur lainnya di indonesia, dalam pelaksanaan pelaporan LHKPN kepada KPK.

“Semoga apa yang dilakukan Gubernur Riau Syamsuar dapat menjadi contoh bagi Gubernur – Gubernur lainnya di Indonesia, “katanya.

Dikatakannya, tidak ada alasan bagi pejabat publik dan pejabat Negara sebagai wajib lapor untuk tidak melaporkan LHKPN, karena transparasi sangat penting.

“Tidak ada alasan bagi pejabat publik dan pejabat Negara untuk tidak melaporkan LHKPN, karena transparasi sangat penting. Sehingga diharapkan pejabat publik dapat melaporkan LHKPN-nya, “ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar yang menerima penghargaan menyebutkan alasan untuk tepat waktu dalam pelaporan LHKPN yakni guna memberikan contoh kepada bawahan atau stafnya untuk juga menyampaikan laporan harta kekayaannya.

“Motivasi saya untuk melaporkan LHKPN, untuk memberikan contoh kepada staf agar bisa melaporkan harta kekayaannnya tepat waktu, karena itu sebagai bentuk tanggungjawab sebagai pejabat publik, “sampainya.

Ditambahkan, pihaknya terus mengingatkan staf-nya untuk tepat waktu melaporkan LHKPN, sebagai bentuk tanggungjawab, apalagi sebagai pejabat negara atau publik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar