DPRD Riau Sahkan APBD 2022

KBRN,Pekanbaru : DPRD Riau sahkan APBD Riau tahun anggaran 2022 senilai 8 triliun  650 miliar rupiah dalam rapat paripurna .

DPRD Provinsi Riau Senin (29/11) menggelar sidang paripurna dengan agenda laporan kerja  Banggar dan pengambilan keputusan dan persetujuan perda  APBD Provinsi Riau 2022 yang di pimpin Ketua DPRD  Yulisman dan tiga Wakil Ketua DPRD serta dihadiri Gubernur Riau Syamsuar dan sejumlah pimpinan fraksi sekaligus komisi di DPRD . Sidang paripurna juga di ikuti sejumlah anggota DPRD Riau lainnya secara virtual.

Paripurna di pengesahan Perda APBD Riau 2022 di awali laporan kerja Banggar DPRD Riau terhadap perda APBD Riau 2022 yang di bacakan oleh juru bicara Banggar Kelmi Amri .

Kelmi Amri dalam laporan kerja BANGGAR membacakan sejumlah rekomendasi hasil kerja  BANGGAR DPRD Riau atas APBD Riau 2022 yang di tujukan kepada Gubernur Riau berserta jajarannya diantaranya untuk pencegahan dan mengatasi dampak wabah  covid 19, walaupun kasus sudah melandai Pemprov Riau harus mempercepat vaksinasi di seluruh kabupaten kota dan mengawasi disiplin masyarakat untuk prokes, serta mengamati varian baru yang muncul dan mengawasi kegiatan masyarakat di akhir tahun untuk mencegah lonjakan kasus gelombang ke tiga.

Banggar juga merekomendasikan kepada ketua TAPD Pemprov Riau untuk meningkatkan perekonomian daerah dan investasi, dan mengatasi keterbatasan infrastruktur , meningkatkan efesiensi dalam pengelolaan keuangan daerah serta beberapa rekomendasi penting lainnya yang harus di jalankan pemerintah provinsi Riau.

Sementara itu gubernur Riau  Syamsuar dalam  pendapat akhir menyebutkan penyusunan Perda APBD Riau 2022 telah mengacu pada PP 12 tahun 2011 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Permendagri 27 tahun 2021tentang pedoman penyusunan APBD Riau 2022.

“Hasil kesepakatan bersama DPRD Riau dan Pemprov Riau tentang perda APBD Riau 2022 , dimana pendapatan daerah 8,656 trilyun dan belanja daerah 8, 650 trilyun serta penerimaan dan pembiayaan masing-masing 125 milyar,” jelasnya.

Ditegaskan, Syamsuar, mekanisme dan tahapan selanjutnya evaluasi dan rekomendasi di Kemendagri diharapkan hasilnya dapat diselesaikan dalam waktu secepatnya sehingga proses APBD 2022 dapat berjalan lebih awal.

Usai gubri Syamsuar menyampaikan pendapat akhir nya, ketua DPRD Riau Yulisman yang memimpin rapat paripurna mengatakan , karena persetujuan dan kesepakatan Perda APBD Riau sesuai tatib di setujui dalam rapat paripurna maka dirinya mempertanyakan kepada anggota dewan yang hadir dan mengikuti paripurna secara virtual apakah menerima hasil kerja BANGGAR dan menyetujui perda APBD Riau 2022, yang di jawab setuju anggota dewan yang hadir dan yang mengikuti virtual . Dengan demikian kata Yulisman perda APBD Riau 2022 sah di setujui dan disepakati DPRD Riau Riau. (lz)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar