Destinasi Wisata Tobek Paboun di Kuantan Singingi

KBRN,Pekanbaru : Pebaun Hilir merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, provinsi Riau, Indonesia. Desa Pebaun Hilir Berbatas Langsung dengan Desa Koto Gunung di Sebelah Utara, desa Pebaun Hulu di sebelah Barat, desa Pulau Binjai sebelah Timur dan berbatasan langsung dengan Sungai Batang Kuantan di sebelah Selatan.

Pada Mulanya Pebaun sendiri berasal dari kata "Paboun" yang merupakan pembauran antara suku-suku yang mendiami desa yaitu suku melayu, suku Budi Caniago, suku pitopang dan suku Piliang. Kemudian pada tahun 1970 terjadi pemekaran desa yang disebabkan banyaknya penduduk dalam suatu desa sehingga dari hasil pemekaran tersebut desa Paboun terbagi atas 3 wilayah yaitu Pebaun Hilir, Pebaun Hulu dan Saik.

Desa Pebaun Hilir memiliki luas wilayah 9.2km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 929 jiwa atau 251KK. Mata Pencaharian penduduk Desa Pebaun Hilir sebagian besar bergantung pada sektor pertanian dan perkebunan. Desa Pebaun Hilir mulai bergerak ke arah Pariwisata dengan membangun tempat wisata bernama Tobek Pebaun. Tobek Pebaun sendiri merupakan Objek wisata yang menjadi "Landmark" Desa Pebaun Hilir dengan memberikan pemandangan yang Indah. Pemandangan yang tersaji dalam objek wisata Tobek Pebaun sendiri terbagi atas 3 jenis sesuai dengan musim yaitu Musim Biru yang menyajikan Hamparan Air, musim Hijau yang menyajikan hamparan hijau padi dan musim Kuning yang menyajikan hamparan padi yang siap untuk di panen.

Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing) memiliki potensi refreshing yang melimpah ruah walau belum terkelola dengan baik, salah satunya Tobek Tandikek di desa Pebaun Hilir kecamatan Kuantan Mudik. Lokasi ini tengah viral menjadi lokasi selfie, bersama foto serta refreshing warga.

Desa Pebaun Hilir Kecamatan Kuantan Mudik tidak kalah indahnya dibanding tempat wisata lainnya.

Indahnya alam Pebaun Hilir ini sangatlah sejuk alami. Rasanya, kita merasa rugi apabila tidak mampir untuk merasakan keindahan dan segarnya udara tanpa polusi seperti yang ada di kota-kota besar.

Dan tidak luput pula di pandangan mata pengunjung, hamparan pulau kerikil di pinggiran sungai yang sangat indah.

Memandang alam desa yang masih asri dan hamparan areal persawahan yang luas membuat lokasi ini benar-benar cocok menjadi lokasi selfi dan swa foto. Begitu juga guna memanjakan mata dan pikiran dari kepenatan setelah menguras tenaga dan pikiran selama bekerja.(dw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar