Bahas Kearsipan, ANRI Silahturahmi ke Dispusip Pekanbaru

KBRN,Pekanbaru : Arsip mempunyai peran penting dalam kelangsungan hidup organisasi yang berguna dalam proses pengambilan keputusan serta alat bukti pertanggungjawaban manajemen dan alat transparansi birokrasi apabila terjadi masalah. 

Jika arsip sulit ditemukan akan menjadi hambatan. Maka, arsip memerlukan tata kelola yang tertib dan teratur agar memberikan manfaat yang optimal bagi organisasi.

Seperti disampaikan Direktur Kearsipan Daerah I Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dr. Muhammad Sumitro, SH.,MAP saat melaksanakan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, bahwa dalam prinsipnya mengelola arsip itu sama dengan mengelola uang negara. Dengan menyelamatkan uang negara, juga menyelamatkan pejabat negara.

“Maka arsip harus mendapat perlindungan dan pengamanan dari berbagai macam ancaman, seperti kerusakan, kehilangan, pemalsuan dan lainnya,” ujarnya.

Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si didampingi pejabat fungsional dan arsiparis menerima silahturahmi tersebut di Ruang Rapat, Jumat (26/11/2021). Ia mengatakan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi tata kelola kearsipan pastinya akan ada kendala yang dihadapi. Mengingat peran arsip sangat penting maka harus mendapatkan perhatian khusus sehingga keberadaan arsip benar-benar mendukung penyelesaian pekerjaan dalam organisasi.

"Terimakasih bapak sudah menyempatkan hadir kesini. Semoga pertemuan ini, teman-teman bisa berkonsultasi dan sharing dengan bapak terkait arsip," tutupnya. (eb)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar