Atasi Karhutla, Usulkan Perpanjangan Kontrak Pesawat TMC

KBRN,Pekabaru : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan kembali mengusulkan perpanjangan operasional pesawat teknologi modifikasi cuaca (TMC) ke badan pengkajian dan penerapan teknologi (BPPTt), kontrak pesawat tmc sudah berakhir terhitung selasa (7/27/2021).

Pesawat TMC tersebut digunakan menyemai garam di langit Riau untuk hujan buatan, mengingat saat ini provinsi Riau masuk musim kemarau diperkirakan sampai agustus 2021, sementara kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah terjadi di beberapa kabupaten/kota di Riau.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal mengaku pesawat TMC masih standby di Pekanbaru, hanya saja sedang diajukan perpanjangan sehubungan dengan masa kontraknya yang berakhir dari BPPKT.

“Surat permohonan perpanjangan sarana (pesawat) dan personel (ahli) TMC di Provinsi Riau sudah dikirim ke BPPT,” jelas Edy.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal berharap permohonan tersebut dapat dikabulkan, sehingga pihaknya bisa melakukan pencegahan karhutla dengan hujan buatan.

“Bahkan pihaknya berharap izin perpanjangan secepatnya diberikan agar bisa dioperasikan TMC untuk pencegahan karhutla karena saat ini musim kemarau sudah melanda Riau bahkan karhutla sudah terjadi di sejumlah kabupaten/kota,” ungkap Edy Afrizal. ( ts)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00