Riau Bisa Turunkan Angka Stunting

KBRN, Pekanbaru : Provinsi Riau bisa menjadi daerah percontohan bagi daerah lain dalam pencegahan stunting, salah satu faktor penyebabnya adalah dukungan pemerintah daerah, dunia usaha dan pihak terkait lainnya. Sehingga jajaran BKKBN mempercayai Riau bisa menurunkan angka stunting.

Hal itu dikatakan oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo saat menyampaikan sambutan secara virtual pada Pencanangan Gerakan Tim Penggerak PKK Provinsi Riau, Rabu (23/6/2021) yang dilaksanakan di kediaman Gubernur Riau.

Dikatakan, pihaknya sangat menyambut baik dukungan yang diberikan pemerintah daerah di Provinsi Riau, terutama dari Gubernur Riau, Syamsuar dan Ketua TP PKK Provinsi Riau, Minsarni Syamsuar dan jajaran serta pihak terkait lainnya.

"Saat ini angka stunting di Provinsi Riau sekitar 23 persen, jadi relatif mudah dalam merealisasikan target stunting 14 persen sebagaimana ditetapkan presiden Joko Wwidodo. Apalagi berkat dukungan yang luar biasa dari Pak Gubernur dan Ketua Tim PKK Provinsi Riau," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar mengaku optimis dapat menurunkan angka stunting di Riau, karena saat ini semua pihak sudah bersatu padu untuk menurunkan angka stunting bahkan sampai ke tingkat kelurahan / desa.

"Komitmen dalam penurunan angka stunting di Riau tidak saja dari jajaran pemerintah daerah, tetapi juga sampai ke keluarahan atau desa. Pak Kepala BKKBN RI bisa melihat dari peserta yang mengiktui kegiatan ini secara virutal, itu sampai ke tingkat keluarahan/desa. Itu merupakan komitemn kami dalam menurunkan angka stunting," katanya.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Provinsi Riau, Misnarni Syamsuar menyampaikan bahwa pencegahan dan penanggulangan stunting menjadi komitmen bersama dan meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan konvergensi percepatan gerakan dan penanganan stunting di Provinsi Riau.

"Guna percepatan pencegahan dan penanganan stunting tim penggerak PKK melaksnakan Pemberian paket Makanan Tambahan dan penyuluhan untuk Balita, ibu Hamil dan Remaja Puteri, didukung penuh oleh pemerintah daerah dan PT RAPP," ungkapnya.

Pencanangan gerakan TP PKK dalam menurunkan angka stunting bertema "Ayo Tingkatkan Peran Serta PKK Dalam Pencegahan dan Penanganan Stunting Menuju Keluarga Sejahtera" dihadiri langsung Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia, dan pihak terkait lainya serta Direktur PT RAPP, Mulia Nauli. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00