Bahas Ranperda Ketertiban Umum, Kriminolog Riau Berikan Saran

Pansus ketertiban umum DPRD Pekanbaru

KBRN, Pekanbaru : Pasca Dibentuk pada bulan Maret lalu, Tim Panitia Khusus DPRD Pekanbaru kini terus melakukan pembahasan terhadap Rancangan Peraturan Daerah Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat. Agar Ranperda yang dibuat nantinya bermanfaat, Kriminologi Riau memberikan saran dan masukkan kepada Tim Pansus.

Persoalan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, sudah menjadi sebuah hal yang lumrah dialami warga ibu kota. Guna mengatasi persoalan tersebut, pemerintah harus mengeluarkan sebuah kebijakan melalui sebuah Peraturan Daerah atau Perda.

Kehadiran Ranperda Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat, diharapkan bisa memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi. Ranperda ini bertujuan, untuk mengatur hidup bersama, melindungi hak dan kewajiban manusia dalam masyarakat serta menjaga keselamatan dan tata tertib masyarakat di suatu daerah.

Kriminologi Riau, Kasmanto Rinaldi mengungkapkan, pembuatan Ranperda Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat harus berdasarkan fakta dan kondisi nyata di lapangan. DPRD Pekanbaru harus berani jemput bola dan turun ke lapangan, sehingga permasalahan yang dialami warga bisa dicarikan solusi atau jalan keluarnya.

“Sebagaimana kita ketahui, DPRD Pekanbaru sedang aktif membuat sejumlah kebijakan atau legislasi termaduk pembahasan Ranperda Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat. Dimana, persoalan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat ini bukan merupakan persoalan yang sederhana.  Pekanbaru sendiri merupakan kota heterogen, karena terdiri dari banyak suku dan agama yang hidup berdampingan. Tim Pansus diharapkan bisa melakukan aksi jemput bola dan turun ke lapangan, sehingga Ranperda yang dibahas benar-benar dapat memberikan manfaat kedepannya. Terlebih lagi, belakangan aksi premanisme dan pungutan liar sedang hangat dibicarakan. Sebaiknya ini menjadi masukan di dalam Ranperda Ketertiban Umum, karena isu ini juga membuat resah masyarakat,” pungkas Kasmanto kepada RRI Pekanbaru, Kamis (17/06/21).

Tim Pansus DPRD Pekanbaru menargetkan, pengesahan Ranperda Ranperda Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat menjadi Perda bisa rampung pada bulan Juli mendatang. Setelah nanti diketok palu, maka Perda tersebut akan segera disosialisasikan ke tengah masyarakat. (Ratih)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00