Ketua Umum MUI Riau  : Penentuan Idul Fitri Turuti Pemimpinmu

KBRN,Pekanbaru :  Penentuan Idul Fitri masih menunggu sidang isbat yang akan dilakukan Kementrian Agama Riau yang tentunya melibatkan para ahli, ulama dan ahli astronomi.

Ketua Umum MUI Riau Prof .DR.Ilyas Husti MA kepada RRI,selasa (11/05/21) mengatakan,biasanya dimasyarakat kita, ada yang selalu menjadi pembahasan masyarakat muslim ketika datangnya 1 ramadhan dan 1 syawal.   

“ Di kalangan masyarakat Indonesia yang cukup beragam ,kita sangat menghargai keberagaman karena keberagaman itu merupakan suatu kekayaan bangsa Indonesia,” kata Prof. Ilyas.

Menurut Ketua Umum MUI Riau, penentuan hari raya ini memang sudah ada riak- riaknya ada yang mengatakan kita akan ber hari raya sesuai apa yang disampaikan pemerintah tapi ada yang tidak sabar menunggu,dia sudah mengumumkan.

“ Sebagai Ketua MUI sangat berharap kepada masyarakat didalam alquran sudah jelas taatilah  allah,taati rasul dan taati pemimpinmu maksudnya Negara RI Presiden Republik Indonesia,” ungkap Ilyas.

Ditambahkan Ketua Umum MUI Riau ,kepada masyarakat di Provinsi Riau mari mentaati apa yang dikeluarkan pemerintah karena metode penentuan hari raya ada dua dengan metode rukyat dan metode hisab.

“ Dengan adanya keberagaman ini harus kita pandang sebagai kekayaan bangsa Indonesia dan bangsa yang sangat toleran asalkan tidak merusak kesatuan dan persatuan NKRI,” tutur Ilyas.

Untuk penentuan Hari Raya Idul Fitri tahun ini  Ketua Umum MUI mengharapkan kepada masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi dari pemerintah karena pemerintah menetapkan ini melibatkan seluruh oraganisasi islam ada NU,Muhammdiyah,Tarbiyah dan Pondok pesantren kemudian diminta pendapat dan diambil kesimpulan.

“ Masyarakat harus sabar menunggu penetapan jatuhnya 1 syawal dari pemerintah dan jangan mengambil kesimpulan sendiri,” tutup Ketua Umum MUI Riau. (RRI)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00