Cegah Covid-19, Pemdes Talontam Realisasikan Penanggulangan Bencana

KBRN, Pekanbaru : Pemerintahan Desa Talontam Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau realisasikan anggaran Dana Desa (DD) sebesar 8 persen peruntukan untuk Penanggulangan Benacana Covid-19.

Desa Talontam masih dalam keadaan aman dari penyebaran bencana Covid-19, namun Pemerintahan Desa tetap komitmen dalam melaksanakan kegiatan sebagai pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Talontam Benai.

Selain itu, Pemdes Talontam juga membentuk Satgas Penanggulangan Bencana Covid-19, yang terdiri dari Perangkat Desa, BPD, RT dan RW, Bidan Desa, Bhabinkantibmas, Babinsa, Linmas, dan Pendamping Desa.

"Hal ini bertujuan agar masyarakat Desa Talontam terhindar dari wabah mematikan dan menular Covid-19," kata Kepala Desa Talontam, R. Helpi Alponso, Jum'at (16/04/2021) di Talontam.

Hal ini mengacu pada Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa. Pemerintahan Desa Talontam Benai menghimbau dan menganjurkan kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa mematuhi 5 M yakni Memakai masker saat berada luar rumah, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Menghindari kerumunan, serta Menjaga jarak, sesuai Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Disamping mensosialisasikan prokes, sambung Kepala Desa, R. Helpi Alponso mengatakan, Pemdes Talontam juga menyediakan fasilitas cuci tangan di setiap rumah ibadah, di sarana pendidikan berupa sekolah-sekolah yang ada di lingkup Pemdes Talontam.

"Satgas yang sudah di bentuk, ditugaskan untuk membagikan masker kepada masyarakat, setiap ada kegiatan peribadatan selama bulan suci Ramadan. Sebelum menunaikan ibadah tarawih kita bagikan ke setiap masyarakat," kata Kades R. Helpi Alponso. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00