Stok Menipis, Diskes Pekanbaru Ajukan Penambahan 11 Ribu Dosis Vaksin Moderna

KBRN, Pekanbaru : Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan telah mengajukan penambahan 11 ribu vaksin dosis Moderna kepada pemerintah pusat melalui pemerintah Provinsi Riau. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy, Kamis (11/8/2022).

Ia mengatakan saat ini kebutuhan vaksin jenis Moderna sangat banyak untuk digunakan sebagai Vaksin tahap 4 atau booster kedua.

"Kabarnya sudah dalam perjalanan, namun sampai sekarang masih belum diketahui kapan vaksin tersebut akan sampai di Pekanbaru. Yang pasti kita sudah mengajukan," ujar Kamis (11/8/2022).

Dikatakan Zaini, vaksin jenis Moderna ini banyak dibutuhkan untuk vaksinasi tahap 4. Hal ini karena untuk dosis vaksin keempat harus sama dengan vaksin ketiga.

"Untuk suntik dosis keempat ini harus disesuaikan jenisnya dengan suntik vaksin dosis tiga. Kalau dosis ketiga pakai Moderna ya pakai moderna di dosis ke empat, kalau Pfizer ya pakai Pfizer. Dan untuk dosis ketiga kemarin banyak yang pakai jenis moderna, sementara untuk stok vaksin moderna kita terbatas," sebutnya.

Saat ini lanjut Zaini Pemko hanya memiliki stok 3 vial vaksin Moderna saja. 3 vial itu hanya cukup untuk 42 orang, karena satu vial peruntukkannya untuk 14 orang.

"Untuk itu vaksinasi ke 4 jenis Moderna untuk tenaga kesehatan belum bisa dilakukan dalam jumlah yang banyak mengingat keterbatasan vaksin Moderna tersebut," ungkapnya.

Sebagai informasi Data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru saat ini persediaan vaksin yang tersedia antara lain 45.000 dosis vaksin Pfizer, 1006 dosis Coronavac dan 3 vial Moderna. Sementara Astrazeneca dalam kondisi kosong.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar