Bantu Memenuh Pasokan Darah di Riau, BI dan BMPD Relar Donor Darah

KBRN, Pekanbaru : Dalam rangka menambah kecukupan kebutuah darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru, diadakan donor darah yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-65 Provinsi Riau, Selasa (9/8/2022).

Pelaksanaan donor darah dikoordinir Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Riau dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Riau bekerja sama dengan PMI Kota Pekanbaru mengadakan donor darah, pelaksanaan donor darah dilaksanakan dalam rangkaian agenda rutin dan peringatan HUT ke 65 Provinsi Riau dan HUT ke 77 Republik Indonesia.

"Melaui kegiaatan donor darah ditargetkan terkumpul 300 kantong darah yang nantinya akan diserahkan kepada PMI Pekanbaru untuk menambah stok darah," kata Deputi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah KPW Bank Indonesia Provinsi Riau, Asral Mashuri.

Dia menyebutkan kegiatan donor darah bersama PMI Pekanbaru sudah menjadi agenda rutin yang selalu dilaksanakan empat kali dalam setahun.

"Memang ini agenda rutin dari BI dan BMPD, untuk kali ini merupakan agenda kedua tahun ini sebagai wujud kepedulian kepada sesama dengan tagline “ayo donor darah! sekantung darah untuk selamatkan jiwa” katanya.

Sementara itu Sekretaris PMI Pekanbaru, Yusrizal menyebutkan pihaknya menyambut baik kerjasama yang dilakukan BMPD Riau dan FKIJK Riau.

"Pasalnya kebutuhan darah cukup tinggi terutama untuk memenuhi permintaan RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru, karena rumah sakit itu merupakan rujukan dari semua daerah di Riau," urainya.

Dikatakan, dari pelaksanaan donor darah, setiap bulan, PMI Pekanbaru mendapatkan sekitar 6.000 – 7.000 kantong darah yang diolah menjadi 9.000 kantong darah.

Saat konfrensi pers, disebutkan bahwa kegiatan merupakan penyelenggaraan donor darah yang kedua kali, penyelenggaraan pertama telah dilaksanakan pada tanggal 7-8 Februari 2022.

Syarat untuk melakukan donor darah adalah: 1) sehat jasmani dan rohani; 2) Usia 17 sampai dengan 65 tahun; 3) Berat badan minimal 45 kg; 4) Tekanan darah sistole 100 - 170 diastole 70 – 100; 5) Kadar haemoglobin 12,5g% s/d 17,0g%; dan 6) Interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya. Adapun kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh BMPD Pekanbaru Riau.

Saat konfrensi pers juga dihadiri Dirut Bank Riau Kepri, Andi Bukhori selaku Ketua FKIJK Riau dan Kacab Bank Mayapada, Budi Darma dan sejumlah pimpinan perbankan di Riau. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar