Tahun 2022, Pemprov Riau Sudah Anggarkan Rp204 Miliar Untuk Jaminan Kesehatan

Gubri Syamsuar Rapat Koordinasi, Sosialisasi dan Rekonsiliasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan Jaminan Kesehatan Nasional se-Provinsi Riau tahun 2022 (dok.diskominfotik Riau)

KBRN, Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada tahun 2022 mengalokasikan anggaran sebesar Rp204 Miliar untuk Jaminan Kesehatan.

Hal ini disampaikan Gubernur Riau  Syamsuar pada Rapat Koordinasi, Sosialisasi dan Rekonsiliasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan Jaminan Kesehatan Nasional se-Provinsi Riau tahun 2022, di SKA Co-Ex, Senin (04/07/2022) malam.

Adapun rincian anggaran diatas diantaranya Rp161,7 Miliar untuk peserta PBPU dan BP Pemda se Provinsi Riau dengan jumlah tujuh ribu jiwa, Rp42,7 Miliar untuk pembayaran kontribusi PBI JK se Provinsi Riau dengan jumlah peserta sebanyak 1,6 juta jiwa. Serta RAPBD Tahun anggaran 2023 dengan alokasi anggaran sebesar Rp223 miliar.

“RAPBD 2023 sudah disiapkan, saat ini masih dalam proses. Termasuk persoalan BPJS, kami berharap pelayanan bisa lebih disempurnakan, lebih baik, lebih meningkat. Serta apa yang telah diberikan Pemerintah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Disebutkannya, hal ini merupakan bentuk komitmen Pemprov dalam melaksanakan dan mewujudkan amanat Undang-undang (UU) terkait Jaminan Kesehatan bagi masyarakat miskin  dan tidak mampu, serta demi terwujudnya Provinsi Riau yang mencapai Jaminan Kesehatan Semesta pada 1 Januari 2024.

Adapun komitmen ini dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan yang mana ditegaskan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses dan sumber daya di bidang kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau.

Serta terbitnya Inpres No. 1 Tahun 2022 tentang optimalisasi pelaksanaan jaminan kesehatan nasional yang mana salah satu poinnya adalah menekankan Gubernur dan Bupati/Walikota untuk melakukan langkah – langkah agar setiap penduduk yang berada diwilayahnya terdaftar sebagai peserta aktif dalam program JKN.

“Mari kita bersama–sama dalam rangka membantu masyarakat kita,” ajaknya.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama percepatan jaminan kesehatan semesta Provinsi Riau 1 Januari 2024 yang ditandatangani oleh Gubri Syamsuar, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi, Eddy Sulistijanto, beserta Kepala Daerah Kabupaten Kota se-Provinsi Riau.

“Semoga dengan adanya penandatanganan ini, tujuan pemerintah pusat dan pemerintah daerah di Riau dalam melaksanakan program negara untuk memberikan kepastian, perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat khususnya di bidang kesehatan dapat terwujud,” harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar