Diskes: Belum Ada Kasus Hepatitis Misterius di Pekanbaru

KBRN, Pekanbaru : Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru melaporkan, hingga kini belum ada ditemukan kasus hepatitis akut misterius di Ibukota Provinsi Riau. 

Kendati belum ditemukan kasus, namun Pemerintah Kota Pekanbaru telah membentuk tim penanganan Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis.

"Jadi kalau seandainya ada kasus hepatitis ini, lalu KLB, tim langsung bergerak," Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, dikutip dari pekanbaru.go.id, Jumat (27/5/2022) 

Disebutkan dr Zaini, bahwa di wilayah setempat masih dalam situasi aman dari penyakit tersebut.

"Untuk Hepatitis belum ada. Kemarin kita konfirmasi ke provinsi, juga kasusnya belum ada. Mudah-mudahan tidak terdapat di Kota Pekanbaru maupun Riau," kata dr Zaini. 

Ia mengatakan, sesuai arahan pemerintah pusat, pemerintah daerah diminta menyampaikan laporan jika ditemukan adanya penderita Hepatitis. 

Sebab, imbuh dr Zaini, pemerintah tidak ingin masyarakat panik dengan adanya penyakit ini.

"Ketika ada kasus, kita di daerah diminta penyampaian laporannya ataupun publikasinya melalui satu pintu. Tujuannya supaya masyarakat tidak resah," kata dia.

Zaini menyebut, Hepatitis adalah kasus yang disebabkan oleh virus Hepatitis. "Cuma kan belum jelas Hepatitis apa (yang tengah mewabah di sejumlah dunia). Karena hepatitis ada beberapa jenis," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar