FOKUS: #CORONA

Pemprov Riau Pantau Kondisi Perkembangan Omicron di Provinsi Tetangga

KBRN, Pekanbaru : Virus Coronavirus Disease 2019 varian Omicron, sudah terdeteksi muncul di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), pada hari ini, Kamis (27/1/2022). Masyarakat di Provinsi Riau pun diminta untuk waspada dan mengetatkan protokol kesehatan (Prokes), apa lagi yang sering bepergian ke Sumbar.

"Yang penting sekarang jaga protokol kesehatan, sekaligus masker tidak boleh dibuka. Kalau misalnya tidak ada keperluan, tidak usah kemana-mana. Kami tentunya tetap mengamati (Covid-19, red) situasi di daerah lain, mudah-mudahan tidak masuk ke Riau," ujar Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di Gedung Daerah Provinsi Riau.

Sejauh ini, Pemprov Riau belum berencana untuk melakukan penyekatan di daerah perbatasan atau pintu masuk antar provinsi ke Riau.

"Belum ada rencana ke sana (penyekatan di perbatasan, red), daerah lain pun bel ada. Yang penting prokes dan ini booster jangan lupa,"katanya.

Sebelumnya Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Andani Eka Putra mengatakan Sumbar secara perdana mencatatkan temuan warga yang terpapar virus Covid-19 varian Omicron.

"Kita sudah menguji 31 sampel positif Covid-19, dan hasilnya 15 sampel mengarah ke Omicron atau 48 persen dari total populasi,"jelasnya.

Andani memperkirakan 48 persen populasi c19 tersebut adalah Omicron. Menurutnya data ini sinkron dengan peningkatan, yakni PR dari 0.1, naik 0,4, 0,6, 0,8 dan 1 persen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar