Catat, Vaksin Ibu Hamil Tak Timbulkan Kelainan Genetik

KBRN, Pekanbaru : Terhitung sejak tanggal 31 Agustus lalu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah mulai memberikan Vaksin Covid-19 kepada ibu hamil. Hanya saja, banyak ibu hamil yang merasa takut dan cemas jika vaksinasi bisa menimbulkan kelainan genetik pada bayi yang dikandungnya.

Kendati pemberian Vaksinasi Covid-19-19 sudah diperbolehkan kepada ibu hamil. Namun ternyata, masih banyak ibu hamil yang merasa takut dan cemas. Mereka beranggapan, pemberian vaksin nantinya akan memberikan efek terhadap janin yang dikandung misalnya saja kelainan genetik atau cacat pada janin. 

Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia cabang Riau, Donel Suhaimi menjelaskan, tidak ada yang perlu dicemaskan ataupun ditakutkan. Pasalnya, pemberian Vaksinasi Covid-19-19 kepada ibu hamil telah melalui serangkain penelitian dan uji coba oleh para ahli. 

"Pemberian vaksin kepada ibu hamil harus memperhatikan sejumlah persyaratan, salah satunya adalah usia kandungan yang berkisar diatas 12 minggu dan dibawah 33 minggu. Ini bertujuan, agar tidak menimbulkan kelainan genetik pada janin yang berada dalam kandungan," ungkap Donel. 

Pemberian vaksin kepada ibu hamil, harus mengikuti prosedur serta skrining kesehatan yang sangat ketat. Selain itu. pemberian vaksin bagi ibu hamil hanya menggunakan vaksin merk Sinovac dan Moderna. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00