Satu Lagi Jamaah Haji Riau Meninggal di RS King Faishal Syisyah

KBRN, Pekanbaru : “Inna Lillah wa Inna Ilaihi Raji'un. Telah berpulang ke Rahmatullah salah seorang jamaah Kloter 05 BTH asal Kabupaten Kampar di Rumah sakit King Faishal Syisyah Arab Saudi pukul”.

Demikian disampaikan Ketua Kloter 5 BTH Syamsuatir dalam Laporannya kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Antara Riau, Selasa (5/7/22).

Lebih lanjut Syamsuatir mengatakan Jamaah haji atas nama Nursiah Darwis Cimpin (60Th) yang memegang nomor porsi 0400080120 meninggal pada pukul 09.45 WAS tersebut berangkat dari Embarkasi Haji Batam pada tanggal 19 juni 2022. jamaah tersebut beralama di Dusun Pulau Sarak - Rumbio Kampar.

“Alhamdulillah beliau sebelumnya dapat melaksanakan aktifitas ibadah, beliau memiliki riwayat penyakit bawaan yakni Diabetes Millitus dan jantung, Tadi pagi kondisinya drop dan dirujuk ke RS King Faishal Syisyah”. tutur Syamsuatir.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Riau yang juga Wakil Ketua I PPIH Embarkasi Haji Antara Riau Dr. H. Mahyudin, MA menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulang kerahmatullah salah seorang Jamaah haji asal Kab. Kampar yang tergabung pada Kloter 5 BTH tersebut.

“atas nama pribadi dan Kanwil Kementerian Agama Prov. Riau, Saya menyampaikan duka cita yang mendalam, semoga almarhumah mendapatkan tempat yang layak di Sisi Allah SWT, keluarga yang ditinggalkan tabah menghadapi cobaan ini, khusus bagi petugas yang berada di Arab Saudi pada Kloter 5 BTH  agar dapat menyelesaikan penyelenggaraan jenazahnya dan menyelesaikan badal haji beliau”.

Hingga hari ini, sudah dua orang jamaah haji Prov. Riau yang meninggal di Arab Saudi. yakni atas nama Norlius Ilyas Bin Intan Kayo  jamaah dengan nomor porsi 400079679  asal Kab. Pelalawan  meninggal pada tanggal 29 Juni 2022 dan sempat dirawat di RS Arab Saudi karena sakit bawaan yakni diabetes.

Sementara itu Menjelang Pelaksanaan Puncak Ibadah Haji di Armuzna, jamaah haji Prov. Riau mengelar beberapa persiapan, Kloter 6 BTH dalam rangka melakukan persiapan puncak ibadah haji melakukan Penguatan dan Pemantapan Manasik Haji dari rombongan 1 – 10. Kegiatan ini diawali dg melaksanakan sholat dhuha, taubat dan tasbih secara berjamaah,

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar jamaah haji menyadari akan dosa dosa yang telah dilakukan dan memohon ampunan dari Allah sebagai langkah menghadirkan hati dalam Muhasabah diri. Dalam pelaksanaan sholat Sunnah ini, jamaah sangat antusias dan hampir seluruh jamaah urai air mata saat doa dibacakan oleh pembimbing Ibadah Ustadz Fakhri”. Tutur Ketua Kloter 6 BTH Fahmi Wahyudi.

Sedangkan Kloter 8 BTH untuk menghadapi puncak pelaksanaan Armuzna melakukan Koordinasi bersama Ketua Regu dan Ketua Rombongan, sehingga pelaksanaan lebih terkontrol meskipun jamaah beribadah secara mandiri.

“Jelang Ibadah di Armuzna, kloter 8 BTH melakukan koordinasi antara PPIH Kloter bersama ketua rombongan dan ketua regu. sehingga pelaksanaan lebih terkontrol meskipun jamaah beribadah secara mandiri”. Tutur Khairul Nizan, Ketua Kloter 8 BTH.

Begitu juga aktifitas jamaah haji Prov. Riau lainnya saat ini lebih memfokuskan bimbingan manasik haji persiapan menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina.  (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar