Cuaca Kota Suci Mekkah Hari Ini Sangat Panas

KBRN, Pekanbaru : Langit kota suci Mekkah diperkirakan dalam kondisi cerahsepanjang hari dan tidak berawan, hari ini, Senin 4 Juli 2022. Menjelang puncak haji jemaah haji Indonesia diharapkan untuk menjaga kesehatan.

Dilansir dari laman prakiraan cuaca, Weather Atlas, pada hari Senin ini, Mekah cuaca cerah, langit diperkirakan tidak berawan. Suhu maksimum akan mencapai 41°C, sedangkan suhu minimum berada di titik 27°C. Adapun kelembapan udara di Kota Suci Mekkah diperkirakan 19%.

Cuaca di Arab Saudi khususnya di kota Mekkah yang panas menjadi cuaca dengan status siaga. Suhu yang panas ini menjadi perhatian seluruh jemaah Indonesia.

Sebelumnya Plh Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Wawan Djunaedi menghimbau Jemaah haji Indonesia untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, jangan menunggu haus untuk minum, tidak memaksakan untuk selalu shalat di Masjidil Haram, tetap selalu memakai masker ketika berkumpul di ruangan terutama ketika Masjidil haram.  

Jemaah juga diminta dilengkapi dengan alat pelindung diri jika hendak keluar ruangan. Jangan menunggu haus untuk minum, mengonsumsi vitamin, dan menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu serta istirahat cukup.

Hal senada juga disampaikan Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Mekah, dr. Muhammad Imran telah meminta jemaah haji Indonesia menggunakan alat Pelindung Diri (APD) selama beraktivitas di Tanah Suci Mekah.

Imran mengingatkan bahwa Ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan kondisi fisik dan kesehatan yang prima.

Perbedaan suhu yang ekstrim antara Tanah Air dengan tanah suci akan berpengaruh pada kondisi fisik dan kesehatan jemaah. Mulai dari kulit kering, bibir pecah-pecah, kaki melepuh, dehidrasi, bahkan heat stroke.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar